Mohon tunggu...
Oktaviantari
Oktaviantari Mohon Tunggu...

Anyone who thinks that sunshine is pure happiness has never danced in the rain...

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas, Nikmati Aktivitas Renang dengan Pesona Sungai Kapuas

30 Desember 2017   14:19 Diperbarui: 3 Januari 2018   17:28 0 2 0 Mohon Tunggu...
Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas, Nikmati Aktivitas Renang dengan Pesona Sungai Kapuas
muarakapuaswaterboom.blogspot.com


Berenang merupakan salah satu cabang olahraga menyenangkan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti mencegah obesitas, memperkuat stamina, meringankan sakit dan nyeri, memperkuat janin bagi wanita hamil.  Bahkan para ahli medis mengatakan bahwa renang dapat menjadi salah satu alternatif bagi penyembuhan kanker payudara. Tidak hanya bermanfaat bagi fisik, aktivitas renang juga terbukti dapat menyingkirkan stress.  

Olahraga aerobik yang satu ini dapat membuat tubuh menjadi rileks dan membantu meningkatkan energi tubuh. Dengan berenang, perasaan berat seperti stress dan khawatir akan jauh lebih terasa ringan. Berenang juga dapat memberikan perasaan gembira dan senang dalam meluapkan ekspresi. Terutama bagi anak-anak yang sangat senang bermain air. Oleh karena itu, banyak sekali kolam renang yang menyediakan beraneka macam wahana permainan. Salah satu kolam renang di Pontianak yang memiliki arena bermain ini yakni Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas yang berlokasi tidak jauh dari Universitas Panca Bhakti.

Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas merupakan sebuah arena rekreasi yang menawarkan nuansa baru bagi pecinta olahraga renang di Pontianak. Letaknya yang berada persis di tepian Sungai Kapuas, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan indah yang ditawarkan oleh sungai terpanjang di Indonesia ini.

Sungai Kapuas sendiri merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km dengan berbagai macam aktivitas kehidupan penduduk yang berada di sepanjang sungai sebagai salah satu keistimewaannya. Konon terdapat mitos yang mengatakan apabila ada pengunjung yang datang ke Pontianak dan meminum air dari Sungai Kapuas, diyakini orang itu akan datang kembali karena tidak bisa melupakan kota yang menjadi ibukota provinsi Kalbar ini.

Memanfaatkan pemandangan Sungai Kapuas sebagai daya tariknya, Kolam Renang dan Waterboom  Muara Kapuas yang berlokasi di Jeruju ini  mulai dibuka pada 11 Desember 2015 dengan harapan dapat menyuguhkan nuansa baru bagi pecinta olahraga  renang. Kolam Renang ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota baik menggunakan mobil maupun motor. Lahan parkir yang disediakan juga  cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung yang keamanannya akan dijaga sepenuhnya oleh petugas parkir. 

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
Kolam Renang ini juga dilengkapi oleh dua kolam utama yang diperuntukkan untuk orang dewasa dan anak-anak. Kolam anak-anak memiliki kedalaman  sekitar 0,6 meter dengan yang dilengkapi dengan 3 wahana slider/ seluncuran yang memilki ketinggian 10 meter lengkap dengan wahana ember tumpahnya yang paling diminati oleh anak-anak. 

Berbeda dengan kolam pertama, kolam kedua yang dikhususkan untuk dewasa dengan kedalaman 1,5 meter tidak dilengkapi dengan wahana yang sama. Hal ini dikarenakan kolam memang lebih dikhususkan untuk mereka yang lebih mahir berenang. 

Selain itu, Kolam Renang Renang dan Waterboom Muara Kapuas juga dilengkapi fasilitas umum seperti ruang bilas, ruang ganti, loker, toilet juga penyewaan peralatan renang yang terdiri dari pakaian renang, kacamata, ban pelampung dan lain-lainnya sehingga pengunjung tak perlu khawatir apabila lupa membawa perlengkapan renang yang dibutuhkan. Pengelola juga menyiapkan kantin untuk pengunjung beristirahat dan mengisi perut. 

Kebersihan air dan kolam juga selalu diprioritaskan kualitasnya dengan cara diganti, dikuras dan disirkulasikan secara periodik setiap harinya sehingga tetap bersih, jernih dan tidak berbau. Petugas kebersihan selalu rutin dilakukan agar membuat pengunjung merasa nyaman. 

Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas juga telah menempatkan petugas lifeguard yang telah dibekali dengan pelatihan dan keterampilan dalam pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang bertugas memonitor dan memantau aktifitaspengunjung. Pelampung keselamatan juga telah disiapkan di sisi-sisi kolam untuk bantuan penyelamatan. Harga tiketnya sendiri terbilang cukup murah. Pengunjung dapat menikmati semua fasilitas menarik di Kolam Renang Muara Kapuas hanya dengan 15 ribu rupiah untuk semua segmen masyarakat. 

Selain kolam renang dan waterboom, pengelola juga sedang menyiapkan rencana pembangunan untuk membuat kawasan outbond dan marina. Nantinya di lokasi wisata ini akan ditanami oleh tumbuhan asli yang terdapat di tepian Sungai Kapuas dengan tujuan edukasi. Selain itu juga akan dibangun kolam ikan yang terdiri dari berbagai macam varietas ikan dimana pengunjung akan memiliki kesempatan untuk memberi makan ikan-ikan tersebutsecara langsung dengan makanan ikan yang telah disediakan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x