Mohon tunggu...
Yuli Susmi
Yuli Susmi Mohon Tunggu... karyawan swasta -

pekerja swasta, domisili jakarta, senang menulis/seni,twitter @susmiyuli,https://www.facebook.com/yuli.susmiati,https://yulisussusmiati.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Beberapa Tips Mengatasi Kecemburuan Kakak dan Adik

3 Oktober 2013   20:46 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:02 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Mungkin banyak diantara kita yang mempunyai anak dengan jarak lahir terlalu dekat, seperti halnya saya sekarang, Anak pertama lahir 22bulan yang lalu, belum genap 2 tahun, lahirlah si adik kecil.Terlihat jelas raut muka kakak makin hari makin keliatan murung,pertanda kecemburuan sudah mulai bergejolak di batinnya, sesekali kakak mencari perhatian saat saya dalam keadaan menimang ataupun merawat adiknya.Contohnya, saat saya lagi menyusui si adik, si kakak langsung datang dan meminta dibuatkan susu botolnya. Atau di saat saya lagi memandikan si adik, si kakak minta dimandikan juga,awalnya saya repot, saya selalu lepas kontrol yang akhirnya keluar emosi, dan memarahi si kakak.Semakin hari, saya semakin menyesal saat melihat si kakak jadi kurang perhatian,dan selalu bermuka masam, cemberut, seakan tertekan oleh perilaku marah saya.Akhirnya saya coba dengan cara pendekatan,karena saya tahu kakak sudah mengerti semua hal.berikut tipsnya
1.Saat saya menyusui si adik, kakak saya sudah siapkan terlebih dahulu susunya, dan meminta dia duduk ataupun tiduran di samping si adik.
2.Saat saya memandikan si adik, saya berusaha mengajak si kakak untuk berperan serta menyiapkan peralatan mandi si adik, sebelum kakak mandi.
3.Selalu lakukan komunikasi kepada si kakak, saat ada waktu memanjakan dia, ketika si adik tertidur, seperti memberikan dia pengertian kalau si adik adalah saudara kakak, yang harus disayang, dan butuh perawatan ekstra dari mamanya, kalau kakak kan sudah bisa mandiri, dsb.
4.Ajak si kakak berperan dalam penjagaan si adik, misal menyuruhnya menjaga si adik saat mama lagi membuat susu buat si kakak.

Saya sudah mencobanya dan hasilnya sangat mengesankan, si kakak sudah bisa mandiri, dan mau berbagi kasih mamanya dengan si adik.
Semoga manfaat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun