Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Semarang (01/08/2021) - Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan semua pelaku usaha untuk beradaptasi dengan membuat strategi baru untuk menjalankan usahanya, tanpa terkecuali Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Salah satu bentuk adaptasi teknologi yang dapat dilakukan UMKM yaitu meningkatkan kualitas pemasaran melalui Digital Marketing.
Penerapan digital marketing memiliki pengaruh yang positif bagi UMKM diantaranya memperluas jangkauan pelanggan, terkoneksi dengan pelanggan secara real time dan meningkatkan daya saing UMKM dipasaran.
Melihat pentingnya pengaruh Digital Marketing bagi UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II PERIODE 2020/2021 mendorong UMKM untuk menerapkan Digital Marketing sebagai strategi pemasaran melalui program KKN yaitu "Sosialisasi Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing"
Sosialisasi ini dilaksanakan bersama Ibu Maesaroh pelaku UMKM Katering di RT 03 Rw 09, Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Semarang . Sosialisasi dilaksanakan pada Senin (26/07/2021) melalui WhatsApp, dengan memberikan Booklet digital marketing yang meliputi pengenalan Digital Marketing, jenis-jenis Digital Marketing, Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM dan pengenalan SMM (Social Media Marketing) yang terdiri dari WhatsApp Marketing, Facebook Marketing, serta Instagram Marketing.
Program sosialisasi berlanjut pada Kamis (28/07/2021) yang dilakukan secara langsung bersama Ibu Maesaroh dirumahnya, membahas mengenai Digital Marketing dan perkembangan usaha Katering yang sedang dijalani Ibu Maesaroh saat ini. Ibu Maesaroh sebagai pelaku UMKM telah menerapkan Digital Marketing secara sederhana melalui WhatsApp dalam menjalankan usahanya, mulai dari melakukan promosi melalui WhatsApp story dan pemesanan melalui chat pribadi.
Harapannya dengan program sosialisasi ini pelaku UMKM dapat menerapkan Digital Marketing di berbagai platform Social Media Marketing, tidak hanya WhatsApp marekting namun juga bisa melalui Facebook dan instagram. Dengan diterapkannya Digital Marketing pada berbagai platform ini UMKM dapat menjangkau pelanggan dengan lingkup yang lebih luas, meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan meningkatkan daya saing UMKM dengan kompetitor lain dipasaran sehingga dapat memicu peningkatan pada penjualan
Penulis: Novita Widyaningsih (FEB/ Manajemen 2018)
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Sulistyo, M.T.,Ph.D.