Mohon tunggu...
Nuzul Karima Ramadani
Nuzul Karima Ramadani Mohon Tunggu... nuzul XI MIPA 3/28 SMAN 28 JKT

SMAN 28 JAKARTA ' 2022

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Malas Belajar saat di Rumah? Yuk Lakukan Hal Ini!

2 Agustus 2020   21:04 Diperbarui: 3 Agustus 2020   09:40 159 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Malas Belajar saat di Rumah? Yuk Lakukan Hal Ini!
SUMBER GAMBAR: mauvegroup.com

Seperti yang kita ketahui, saat ini pemerintah menetapkan kebijakan untuk belajar dari rumah secara daring, terlebih untuk wilayah - wilayah yang masih termasuk zona merah. 

Dalam masa belajar dari rumah, tidak sedikit pelajar yang merasa malas belajar. Hal itu disebabkan kurangnya motivasi untuk belajar terlebih karena terdistraksi dengan hal - hal lain, seperti games online, menonton drama Korea, atau pun sekedar bermain sosial media.

Apalagi dengan sistem belajar dari rumah seperti ini, pastinya banyak pelajar yang merasa lebih bebas. Bebas dalam artian belajar tidak diawasi oleh guru dan juga jam belajar yang sangat singkat. 

Sehingga rasanya terlalu malas untuk bangun pagi dan harus belajar seperti di sekolah, bukan? Atau apabila diberi tugas, maunya nanti-nanti saja mengerjakannya atau mau salin punya teman saja.

Namun hal tersebut tidak bisa terus terjadi, gak mau dong kalau tiba-tiba peringkat kamu jadi menurun? Atau nilai rapot kamu menurun drastis dari semester lalu? 

Atau pernah terlintas di pikiran untuk memulai belajar, tetapi malah ditunda - tunda terus? Nah, karena itu simak tips-tips berikut untuk meningkatkan semangat belajar kamu!

1. Buat jadwal belajar

SUMBER GAMBAR: mauvegroup.com
SUMBER GAMBAR: mauvegroup.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat jadwal belajar. Jadwal belajar ini bisa kamu buat sesuai jadwal pelajaran di sekolah atau pun membuat sendiri, lho! 

Kalau kamu ingin membuat jadwal belajar sendiri, coba perhatikan jam-jam yang kamu tetapkan di dalam jadwal. Jangan sampai jam makan malam kamu terpakai untuk belajar, itu juga tidak bagus. Kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk belajar sesuai dengan kemampuanmu dan berikan juga waktu untuk istirahat. 

Nah, di jam ini kamu bisa mengistirahatkan diri kamu dengan bermain games online, melanjutkan drama Korea, atau sekedar membuka aplikasi belanja online.

2. Jadikan belajar sebagai rutinitas

SUMBER GAMBAR: mauvegroup.com
SUMBER GAMBAR: mauvegroup.com
Nah, hal ini sangat penting untuk kamu lakukan. Jadikan belajar sebagai rutinitas harian, mulailah dari sedikit demi sedikit. Kamu bisa mencoba belajar dari waktu yang singkat, sebagai contoh mulai lah belajar dengan waktu 3 jam sehari. Setelah terbiasa dengan belajar 3 jam sehari, mulai lah ditingkatkan hingga dirimu terbiasa untuk belajar dan menjadikannya sebagai sebuah rutinitas.

3. Kurangi hal hal yang dapat menganggu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN