Mohon tunggu...
Nuzul Ilmiawan
Nuzul Ilmiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saat ini tengah menjalani studi S1 Sastra Indonesia di Universitas Andalas, Padang. Lahir di Bireun, 19 Oktober 2001. Bercita-cita menjadi wartawan musik selepas membaca buku Nice Boys Don't Write Rock N Roll oleh Nuran Wibisono. Kalau bisa sih jadi musisi ya. Tapi, yah bener kalau bisa sih jadi musisi. lol.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Merayakan Ulang Tahun Freddie Mercury dengan Mendengarkan Queen

5 September 2021   17:21 Diperbarui: 5 September 2021   18:16 209 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merayakan Ulang Tahun Freddie Mercury dengan Mendengarkan Queen
Freddie Mercury. Sumber: instagram.com/in_7_off_keerthi (fan page)

Freddie Mercury belum mati. Jiwanya masih melekat di antara para pendengarnya. Dan hari ini, Freddie Mercury 'genap' berusia 75 tahun, angka yang sangat cantik. Untuk merayakannya, saya dengan senang hati memaparkan lima lagu Queen (ciptaan Freddie) yang paling saya gemari.

Lagu-lagu ini akan saya tulis tak berurutan, dan tak hanya dinilai dari popularitas, juga dari komposisi musik dan lirik. Sebelum itu, saya akan memberikan sedikit informasi tentang Queen aka band opera berkedok cadas. 

Queen terbentuk di London tahun 1970 dengan formasi, Freddie Mercury (lead vokal), Brian May (guitar/vokal), Roger Taylor (drum/vokal), dan John Deacon (bass). Karya-karya pertama mereka dipengaruhi oleh rock progresif, hard rock, dan heavy metal.

Sebelum Queen menjadi Queen, Brian May dan Roger Taylor memiliki sebuah band bernama Smile. Karena Freddie Mercury adalah penggemar band itu, ia pun memberanikan diri untuk bergabung dan menyarankan band berganti nama menjadi Queen. Menyusul perekrutan John Deacon di Februari 1971. 

Musik-musik Queen dipengaruhi oleh band rock Inggris tahun 60-an dan awal 70-an, seperti The Beatles, The Kinks, Cream, Led Zeppelin, Pink Floyd, The Who, Black Sabbath, Slade, Deep Purple, David Bowie, dipercantik oleh suara Freddie yang terinspirasi oleh penyanyi rock and roll Little Richard, Elvis Presley, dan penyanyi gospel Aretha Franklin.

Queen dikenal karena pertunjukan stadion mereka, yang meliputi pementasan, pencahayaan, dan pakaian yang heboh. Secara musik, mereka dikenal oleh kemampuan yang hebat, terutama jangkauan vokal falsetto Freddie Mercury dan solo gitar Brian May yang ekstensif. 

Juga Queen banyak bereksplorasi dengan musiknya, hingga menghasilkan musik dengan variasi genre sepanjang karir mereka. Contohnya seperti "Another Bites the Dust" yang funky, "Radio Ga-Ga" (synth pop), "We Will Rock You" (arena rock), bahkan ada classical music di "Barcelona".

Bila ada yang mengatakan, Queen adalah band yang overrated, dia belum tahu apa yang telah Queen lakukan dengan musiknya.

Dengan cukup membingungkan dan upaya seperti perang tentang kepala dan hati, sejatinya lima adalah angka yang sulit menentukan pilihan atas sebuah band yang melekat dari lama, yang mana mungkin juga dipengaruhi oleh perasaan saya sekarang ketika sedang menulisnya. Dan akhirnya saya sudah menetapkan lima lagu Queen (yang ditulis oleh Freddie) favorit, berikut adalah lagu-lagunya:
 
1. Bohemian Rhapsody


Pada tahun 2002, lagu "Bohemian Rhapsody" Queen terpilih sebagai "the UK's favourite hit of all time" dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh Guinness World Records British Hit Singles Book. 

Pada tahun 2004, lagu itu juga dilantik ke dalam Grammy Hall of Fame. Sejarawan rock, Paul Fowles, menyatakan bahwa lagu tersebut "secara luas dikreditkan sebagai single hit global pertama yang video pengiringnya menjadi pusat strategi pemasaran". Dipuji sebagai pembuka jalan bagi Generasi MTV. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan