Mohon tunggu...
NURYATI
NURYATI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis dan Bercerita

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Dengan Metode Star

9 Desember 2022   20:35 Diperbarui: 9 Desember 2022   22:09 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

NAMA           :  NURYATI

KELAS          : A2

NO UKG       : 2019

PPG DALJAB KATEGORI II TAHUN 2022

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

TK PERTIWI IV TANJUNGKALANG

Lingkup Pendidikan

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan bahasa anak menceritakan kembali cerita yang di dengar menggunakan bahasa anak sendiri

Penulis

Nuryati

Tanggal

10 November  2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Literasi dan numerasi  adalah dua keterampilan yang berkembang sejak usia dini dan menjadi faktor penting yang menentukan kesuksesan akademik di kemudian hari.Oleh karena itu literasi dan numerasi perlu untuk di kenalkan sejak dini ke anak-anak .Dalam hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan rekan guru kelas terkait kemampuan literasi pada anak di TK Pertiwi IV Tanjungkalang terdapat permasalahan sebagi berikut:

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah terkait kemampuan literasi Dari 16 Anak kelompok A terdapat 9 anak yang kesulitan untuk mengungkapkan bahasa yaitu menceritakan kembali isi cerita yang di dengar menggunakan bahasa anak sendiri Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Media yang digunakan guru kurang bervariatif hanya menggunakan buku cerita bergambar
  • Dalam penyampaikan cerita guru berekspresi dengan mimik muka yang datar dan dengan suara kurang keras
  • Guru kurang memperhatikan kondisi posisi duduk anak saat menyimak guru bercerita
  • Metode yang digunakan kurang bervariatif hanya menggunakan metode bercerita dengan buku gambar

Praktek ini penting dibagikan agar dapat menjadi referensi untuk pendidik atas kendala -kendala yang sama

Peran dan tanggung jawab guru pada praktik pembelajaran ini mempersiapkan dan mengelola pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah :

  • Saat kegiatan ada anak sd yang bising di sebelah kelas sehingga suara nya masuk di rekaman
  • Listrik padam saat kegiatan menayangkan PPT tentang Kupu-kupu setelah di cek ternyata Token listrik habis

Adapun pihak-pihak yang terlibat pada Praktek Pembelajaran ini yaitu:

  • Kepala Sekolah TK Pertiwi IV Tanjungkalang yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL Siklus 3
  • Teman guru sebagai kameramen dalam perekaman video paktik PPL Siklus 3
  • Wali murid yang mendukung proses pelaksanaan PPL Siklus 3
  • Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, saran dan kritik yang bersifat membangun sebelum dan sesudah kegiatan PPL Siklus 3

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan pada proses pembelajaran:

  • Untuk siklus berikutnya koordinasi ke pada guru sd untuk memberitahu kepada anak sd agar  saat ada kegiatan PPL tidak bermain atau bergurau di sekitar area TK
  • Sebelum kegiatan PPL mengecek terlebih dahulu token listriknya

Adapun strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan ini adalah:

Strategi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan pada siklus 3 adalah menggunakan  Media Media audio Visual karena Dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami isi gambar tersebut cara melihat dan menyimak gambar yang ada di Powerpoint.selain itu media audio visual juga memiliki beberapa kelebihan di antaranya:

Pemakaiannya tidak membosankan

Hasilnya lebih mudah untuk dipahami,

Informasi yang diterima lebih jelas dan cepat dimengerti

Sumber daya dan materi yang diperlukan:

  • Kemampuan TPACK dalam penayangan video pembelajaran yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik pada kegiatan pendahuluan
  • Pembuatan PPT untuk penjelasan materi dan membuat video cerita
  • Bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi
  • Biaya yang digunakan untuk print out bahan ajar dan LKPD
  • Waktu pelaksanaan PPL Siklus 1 adalah 3 x 45 menit (3 JP)

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi langkah-langkah yang sudah dilakukan guru pada pemaparan di atas memberikan hasil yang positif, hal ini terlihat dari:

  • Anak Antusias pada saat kegiatan bercerita karena cerita  di tampilkan di layer proyektor menggunakan LCD
  • Saat diminta untuk maju kedepan menceritakan Kembali isi cerita yang di dengar anak antusias  dan bersemangat  untuk maju kedepan
  • Menggunakan media oudio visual untuk menayangkan cerita membuat anak lebih paham tentang alur cerita hal itu membuat kemampuan anak meningkat dalam menceritakan kembali isi cerita yang di dengar menggunakan Bahasa anak terlihat dari hasil pengamatan guru yaitu 83% Anak mendapatkan nilai Berkembang sangat baik dan 17% anak mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan
  • Pembelajaran lebih menyenangkan karena anak anak terlihat antusias dan juga semangat Anak bersemangat karena dalam kegiatan mengkreasikan warna anak mendapatkan pengalaman baru yaitu mengkreasikan warna secara mandiri menggunakan catton bad pada bentuk kupu-kupu

Respon dari orang lain yang ikut memantau kegiatan ini seperti Kepala Sekolah, teman sejawat, Dosen dan Guru Pamong dan teman PPG memberi tanggapan bahwa pembelajaran lebih menarik saat menggunakan media sehingga belajar tidak mudah bosan dan menjadi lebih menyenangkan


Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi pembelajaran dilaksanakan antara lain:

  • Pembuatan Perangkat Pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak
  • Kemampuan guru dalam memilih jenis kegiatan yang dapat dijadikan muatan materi pelajaran, sehingga dapat merangsang kemampuan anak
  • Daya dukung media ajar yang berbasis IT (TPACK) yang membuat pembelajaran lebih menarik.
  • Penggunaan media bahan kongkrit membuat anak lebih memahami materi yang di sampaikan lebih jelas dan nyata

RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurikulum 13 Kelompok A)

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.

Nama                        : NURYATI

Instansi          : TK Pertiwi IV Tanjungkalang 

Prodi     : Pendidikan Anak Usia Dini

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Menyusun

RPP 1

Rabu, 02

November 2022

Ruang

Guru

Guru, Guru Sejawat

dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat Bahan Ajar

Kamis, 03

November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat Media

Jumat, 04

November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat LKPD

Sabtu, 05

November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Membuat Instrumen

Penilaian

Senin,07

November 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

 

RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)

Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.

Nama                        : NURYATI

Instansi         : TK Pertiwi IV Tanjungkalang

 Prodi              : Pendidikan Anak Usia Dini

Rencana

Kegiatan

Waktu

Tempat

Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Pembuatan skenario video

RPP 1

Selasa, 08 Nopember

2022

Kelas Kelompok A

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Latihan buat

video

Rabu, 09 Nopember

2022

Kelas Kelompok A

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.00

Rekaman

video

Kamis, 10Nopember

2022

Kelas Kelompok A

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.15

Editing video

Jumat, 11 Nopember

2022

Dirumah

Guru

Pukul 08.00

Finalisasi

video

Sabtu, 12 Nopember

2022

Dirumah

Guru

Menyesuaikan

RTL-3 (Menyusun Best Practise)

Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan  pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan

Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut

Nama                : NURYATI

Instansi           : TK Pertiwi IV Tanjungkalang 

Prodi : Pendidikan Anak Usia Dini

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Koordinasi

persiapan Best Practise

Senin, 05

Desember 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

Pelaksanaan Best Practise

Senin, 07

Nopember 2022

Kelas Kelompok A

Guru dan Teman Sejawat

Pukul 07.15

Pelaksanaan Best Practise

Senin, 14

Nopember 2022

Kelas Kelompok A

Guru dan Teman Sejawat

Pukul 07.15

Analisis Data

Sabtu, 19 Nopember

2022

Kelas Kelompok A

Guru

Pukul 11.00

Pembuatan laporan Best

Practise

Jumat, 09

Desember

2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 11.00

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun