Tak bisa dipungkiri, era teknologi sekarang ini telah mengubah segala pola perilaku masyarakat dalam bertransaksi. Mulai dari transportasi online, belanja online, traksaksi hotel, bayar listrik online, bayar PDAM online, ekspedisi online, dan segala macam kebutuhan masyarakat. Asuransi pun tak mau ketinggalan, mengikuti pola transaksi daring yang terbukti sangat efektif dan efisien.
Jangankan asuransi, beli bakso saja bisa di-online-kan! Karena jelas menghemat waktu, tenaga dan otomatis biaya. Masih hangat dalam pemberitaan sekarang ini, betapa pola online yang diterapkan dalam transportasi sangat mengubah budaya penggunaan transportasi umum. Meskipun ada penolakan dari pengguna transportasi konvensional, transportasi dengan layanan online tetap 'menggempur' dengan dahsyat pola konvensional. Praktis, penggunaan aplikasi online pada layanan masyarakat menjadi favorit sekarang ini.
Saat ini mungkin masa transisi pola transaksi besar-besaran dari manual kepada sistem online. Dengan pola ini tak pelak seakan dunia ada di genggaman kita. Butuh apapun, kita tinggal pencet gawai dengan ujung jari, jadilah. Inilah jaman milenial yang jarak sudah tak menjadi soal. Saya sendiri telah terbiasa dengan pola daring. Pelayanan jasa transaksi telah dilakukan oleh program yang demikian canggih, dengan model jemput bola, konsumen/klien kini telah menjadi 'raja'.Â
BPJS Kesehatan telah membuktikan itu semua dengan pelayanannya melalui Mobile JKN BPJS Kesehatannya. Pelayanan tiap nasabah telah terwakili oleh fitur-fitur dalam aplikasinya. Nasabah tak harus datang ke kantor untuk mendapatkan informasi apapun tentang layanan BPJS. Mulai pendaftaran, informasi kepesertaan, lokasi kantor pelayanan, fasilitas kesehatan yang terdekat dengan posisi kita (terhubung dengan GPS), dan banyak lagi layanan yang kita butuhkan.Â
Mungkin bagi generasi kelahiran pasca tahun 1990-an tak merasakan susahnya beli tiket transportasi, mengurus pembayaran premi asuransi, belanja dan berbagai kebutuhan lain harus berdesak-desakan, namun bagi generasi yang merasakan jaman sebelum ada gadget, sangat merasakan bagaimana kesulitan-kesulitan itu telah menemukan jawaban, yakni kemudahan.Â
Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang sangat memudahkan pelayanan kepada masyarakat dengan gadget. Dan gadget telah menjadi barang yang sangat vital untuk membantu kebutuhan kita. Maka konsekuensinya, kita harus menjaga alat bantu tersebut seaman mungkin. Jangan sampai ada pihak-pihak yang menggunakan tanpa seijin kita sebagai pemiliknya.Â
Jika pelayanan BPJS Kesehatan sekarang ini telah terbukti memudahkan kita mendapatkan informasi dan pelayanan lainnya dengan ujung jari, sepertinya tak ada alasan untuk tidak memanfaatkan mobile JKN BPJS Kesehatan. Penasaran? Coba saja! ***Â