Mohon tunggu...
Nurul Hidayat
Nurul Hidayat Mohon Tunggu... Dosen - It's a wonderful life

Betapa sedikitnya pengetahuan kita tentang hidup, diri kita, dan dunia di sekitar kita.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Hebatnya Cyber Security Kompasiana

25 Maret 2022   21:28 Diperbarui: 26 Maret 2022   08:16 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Tips Menulis di Kompasiana. Foto: Nurul Hidayat)

Hari ini, Jum'at 25 Maret 2022, saya memuat tulisan di Kompasiana. Tulisan tersebut adalah tulisan saya sendiri yang sebelumnya saya muat di blog saya nurulhidayat-asia.blogspot.com di hari yang sama, Jum'at. Tulisan ini pernah saya muat di blog saya 9 tahun 2 bulan 7 hari yang lalu, Jum'at 18 January 2013. Saya ingin muat (ulang) tulisan ini di Kompasiana karena blog tersebut sudah saya hapus. Jadi pikir saya, okelah saya tayangkan di Kompasiana. Semua konten sama, kecuali foto dan judul yang saya ubah serta beberapa editing di tata bahasa.

Dan ternyata saudara-saudara, saya berhasil memuat tulisan tersebut di Kompasiana, tetapi hanya bertahan kurang dari 5 menit. The post was deleted by Kompasiana. Dan saya mendapatkan surat cinta bahwa saya terindikasi menjiplak dan copy-paste sebagian atau keseluruhan karya orang lain. Wadidaw. Itu tulisan saya sendiri di blog saya dulu yang sudah saya hapus (tetapi ketika saya cari di Google, data itu belum secara total 'menghilang').

Dari kejadian ini, saya acungi jempol sistem digital cyber technology Kompasiana karena menjaga dan memastikan konten yang dipublikasikan di Kompasiana benar-benar konten yang orisinil dan baru. Bukan hasil penjiplakan konten orang lain atau konten penulis sendiri yang sudah pernah dipublikasikan sebelumnya di media online. Hebat! Kompasiana cocok untuk kita-kita yang ingin memiliki tulisan yang orisinil dan baru. Saya kasih garis tebal ya, baru.

Inilah beberapa screenshot kronologi kejadian. Gambar 1 adalah tulisan yang saya rencanakan muat di Kompasiana pada hari Jum'at 25 Maret 2022. Saya siapkan ini selepas makan sore di sebuah kantin di Johor, Malaysia. 

(Gambar 1. Draft Tulisan Saya di Kompasiana. Foto: Nurul Hidayat)
(Gambar 1. Draft Tulisan Saya di Kompasiana. Foto: Nurul Hidayat)

Setelah berhasil ditayangkan. Tulisan tersebut dihapus oleh Kompasiana, lihat Gambar 2.

(Gambar 2. The Post Was Deleted. Foto: Nurul Hidayat)
(Gambar 2. The Post Was Deleted. Foto: Nurul Hidayat)
Nah lho! Ternyata saya mendapatkan pesan dari Kompasiana seperti pada Gambar 3.

(Gambar 3. Pesan Teguran dari Kompasiana. Foto: Nurul Hidayat)
(Gambar 3. Pesan Teguran dari Kompasiana. Foto: Nurul Hidayat)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun