Pasar monopoli adalah suatu keadaan di mana sebuah perusahaan mendominasi dan memegang kendali penuh atas dasar produk tertentu.Pada pasar monopoli, tidak terdapat barang lain yang sejenis dan tidak ada pesaing bagi sebuah perusahaan .
Ciri-ciri pasar monopoli:
- Â Hanya memiliki satu perusahaan
-  Tidak memiliki  barang pengganti yang mirip ,oleh karena itu barang yang dijual merupakan satu-satunya yang ada di pasaran.
-  Dapat  mempengaruhi penentu harga, hal ini karena perusahaan monopoli satu-satunya penjual di dalam pasar ,maka penentu harga    dapat di kuasai.
Kelebihan pasar monopoli,yaitu:
- Kebebasan menentukan harga
   Perusahaan monopoli tidak memiiki pesaing industri ,maka dari itu mereka bebas menentukan harga jual ke pelanggan.
- Tidak membutuhkan banyak modalÂ
   Mereka hanya perlu fokus untuk memproduksi produk atau jasa .
Kekurangan pasar monopoli:
yaitu memungkinkan perusahaan tidak memberi layanan dengan optimal dan efisien ,karena perusahaan dapat mengurangi maupun menetapkan harga jual bahakan perusahaan tersebut mampu memanipulasi kelangkaan produk .
Contoh pasar monopoli:
- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebagai penyedia listrik .
- PT Pertamina, sebagai penyedia bahan bakar .
- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai penyedia air bersih.
Pasar oligopoli adalah:
Pasar oligopoli adalah suatu pasar di mana hanya terdapat beberapa produsen (penjual)untuk menyediakan keperluan dari pembeli  yang banyak di pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli tersebut adalah sebagai berikut:
-Produk yang di perjual belikan bersifat homogen,atau beragam.
-Sistem  harga menjadi kaku atau cenderung  sama.
-Promosi melalui iklan atau media.
-Promosi dan inovasi merupakan strategi yang sangat penting.
Kelebihan dari pasar oligopoli  sebagai berikut:
-Persaingan yang ketat.
-Harga produk menjadi lebih sesuai dengan keinginan konsumen.
-Kegiatan produksi menjadi lebih efektif.
Kekurangan pasar oligopoli di antara nya sebagai berikut:
- Sering terjadi perang harga antar produsen .
- Cukup sulit untuk melakukan pemerataan pendapatan.
- Kemungkinan  adanya konsumen yang loyal sangat besar terhadap satu merek.
- Peluang muncul eksploitasi yang berlebihan dalam kegiatan pasar menjadi lebih besar.
Contoh pasar oligopoli,yaitu:
-Rokok.
-Industri kenderaan bermotor.