Mohon tunggu...
nurul Affifah
nurul Affifah Mohon Tunggu... Nurul Affifah

Man jadda wa jadda

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran

16 Juli 2020   21:20 Diperbarui: 16 Juli 2020   21:10 14 1 1 Mohon Tunggu...

Pembentukan karakter pada anak usia dini dapat dilihat dari perliku yang anak lakukan, seperti sikap displin, sikap kemandirian, kreatif, dan memiliki sikap kerjasama atau toleransi. 

Pembentukan karakter anak usia dini dilakukan secara ter strategi dan melalui materi pembelajaran untuk setiap kegiatan dapat melibatkan anak langsung. 

Memberikan pembiasaan sikap disiplin, kemandirian dan keteladanan yang diberikan akan membekali anak sehingga tertanam pada diri anak dan menjadikan pengalaman serta diterapkan dalam kesehariannya. Membuat penanaman karakter supaya berhasil sesuai dengan tujuannya maka menggunakan strategi yang sesuai. Metode dalam membentuk karakter anak usia dini. Sebagai berikut:

  1. Penanaman sikap disiplin

Hakikatnya adalah suatu ketaatan dilakukan secara sadar yang didukung untuk mengerjakan suatu tugas atau kewajiban serta menurut aturan-aturan dan dilakukan dengan perilaku atau tata cara yang seharusnya diberlakukan dilingkungan tertentu, seperti di sekolah.

  1. Suasana yang kondusif

Tanggung jawab pendidikan karakter terdapat pada semua pihak yang di sekililingnya, dari keluarga, sekolah, masyarakat, dan pemerintah. Lingkungan merupakan pengaruh besar dalam pembentukan karakter anak, seperti keluarga berpengaruh besar.

  1. Internalisasi dan integrasi

Pendidikan dalam pembentukan karakter membutuhkan proses dalam menumbuhkan rasa dalam diri seorang anak untuk memunculkan karakter yang sesungguhnya.

Menurut para ahli ada 5 metode pendidikan karakter yang di tepakan dilingkungan sekolah, yaitu sebagai berikut:

Mengajarkan

Keteladanan

Menentukan prioritas

Praktis prioritas

Refleksi

Nurul Affifah

Program Studi Pendidikan Guru PAUD UNISNU Jepara

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x