Mohon tunggu...
Nursalam AR
Nursalam AR Mohon Tunggu... Partikelir

Peminat kajian bahasa & terjemahan, humaniora dan bisnis. Blog: www.nursalam.wordpress.com.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Rabat, Diskon dan Korting

18 Juni 2019   15:15 Diperbarui: 20 Juni 2019   11:01 0 1 1 Mohon Tunggu...
Rabat, Diskon dan Korting
Sumber: www.tribunnews.com

Rabat?

Maaf, ini bukan nama ibu kota Maroko di benua Afrika, yang kebetulan bernama sama.

Rabat, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Edisi Keempat, PT Gramedia Pustaka Utama, 2011), adalah potongan harga. Dalam lema rabat, disebutkan contoh kata kerjanya, merabat atau memotong harga. Dalam KBBI sendiri juga terdapat lema diskon yang juga bermakna potongan harga.

Rabat diserap dari kata bahasa Inggris rebate, yang definisinya adalah return of part of a payment (Webster's American English Dictionary, Merriam-Webster Incorporated, 1995). Sementara diskon juga diserap dari kata bahasa Inggris discount, yang berdefinisi reduction from a regular price.

Namun, jangan lupa, masih ada saudara tua dari rabat dan diskon, yakni korting, yang juga sudah masuk KBBI. Bedanya, korting berasal dari kata bahasa Belanda korten, yang bermakna memendekkan atau memotong, termasuk pembayaran. (Kamus Umum Belanda-Indonesia, Prof. Drs. S. Wojowasito, PT Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 1999).

Demikianlah perihal rabat yang tidak ribet silsilahnya. Nah, omong-omong soal ribet, jangan salah lho, kata ini juga sudah resmi masuk KBBI (setidaknya di edisi ke-4)!

Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri dengan mengeceknya di KBBI daring (online) di https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Catatan: Foto diambil dari www.mediaindonesia.com.

VIDEO PILIHAN