Mohon tunggu...
Nurmalita Sukma
Nurmalita Sukma Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswi KKN COVID-19 UNS Edukasi dan Fasilitasi Alat Penunjang PHBS di Tengah Pandemi

5 Juli 2020   13:57 Diperbarui: 5 Juli 2020   13:53 23 1 0 Mohon Tunggu...

Minggu, 31 Mei 2020. Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Tanggap COVID-19  merupakan wujud pengabdian mahasiswa untuk berperan dalam masyarakat di tengah pandemi di tempat tinggal masing-masing. Sebanyak 980 mahasiswa KKN batch I diterjunkan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah KKN yang dilakukan oleh Nurmalita Sukma Fitria (F0317077) di Dusun Purworejo, Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

KKN bimbingan Dr. Rini Triastuti, S.H., M.Hum. ini dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari tanggal 1 Mei 2020 sampai dengan 15 Juni 2020.  KKN ini mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19". Tema ini bertujuan untuk memberikan pemahaman seputar COVID-19 kepada masyarakat. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah kampanye penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kampanye pemberantasan informasi tidak valid seputar COVID-19, dan fasilitasi serta edukasi alat penunjang PHBS. Kegiatan kampanye dilakukan secara daring dan rutin menggunakan Whatsapp Group yang beranggotakan warga Purworejo.

Selain kampanye, mahasiswi KKN UNS ini juga melakukan fasilitasi alat penunjang PHBS bagi warga yang kesulitan memenuhi dikarenakan kelangkaan fasilitas tersebut. Fasilitas yang disalurkan berupa satu paket yang berisi masker nonmedis, hand sanitizer, brosur kesehatan, dan stiker. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 31 Mei 2020 dengan mendatangi rumah-rumah warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut dibarengi dengan edukasi pentingnya penggunaan masker, cuci tangan, dan pemenuhan fasilitas penunjang PHBS di kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini didukung dengan antusiasme warga Purworejo dari berbagai kalangan usia mulai dari remaja sampai lanjut usia. Dengan edukasi dan penyaluran fasilitas penunjang PHBS ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan warga Purworejo dalam mengubah kebiasaan untuk menyambut new normal.

VIDEO PILIHAN