Mohon tunggu...
NURIKA SALINA
NURIKA SALINA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

E-learning Salah Satu Sarana dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

26 Januari 2022   02:39 Diperbarui: 26 Januari 2022   03:11 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada awal kemunculan virus Covid-19 di Indonesia, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Nadiem Makarim membuat kebijakan yaitu melaksanakan metode pembelajaran daring selama pandemi untuk mengurangi penularan virus Covid-19. Hal ini diberlakukan dari tingkat Pendidikan Dasar hingga ke Perguruan Tinggi. Tentunya hal ini menjadi awal perubahan bagi setiap kampus yang ada di Indonesia, mahasiswa baru dituntut beradaptasi dengan perkuliahan ini. 

Mereka yang baru saja mendapatkan euphoria setelah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) tentunya momen masuk perkuliahan dan menjadi mahasiswa bertemu teman baru dilingkungan kampus adalah hal yang ditunggu-tunggu, namun harus berakhir dengan kabar yang tak mengenakkan dengan adanya kebijkan perkuliahan secara daring. Mahasiswa baru dituntut beradaptasi dengan pembelajaran daring selama pandemi.

Ada banyak sarana yang dapat digunakan pihak kampus agar pembelajaran daring tetap efektif dan perkuliahan tetap lancar selama pandemi, salah satunya dengan menggunakan media e-learning. Beberapa kampus yang ada di Indonesia menggunakan media e-learning sebagai sarana komunikasi antar dosen dan mahasiswa agar perkuliahan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Dengan adanya media e-learning diharapkan dapat membantu dosen untuk menyampaikan materi perkuliahan kepada mahasiswanya.

Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta merupakan salah satu kampus yang telah menggunakan sistem e-learning ini jauh sebelum adanya pandemi Covid-19, hal ini ternyata sedikit membantu dosen dalam berkomunikasi dengan mahasiswanya untuk menyampaikan materi maupun tugas kuliah. Namun, beberapa mahasiswa berpendapat penyampaian materi melalui e-learning ini tidak terlalu efektif, mereka masih kesulitan untuk memahami materi yang diberi dosen yang dikirim dalam bentuk video maupun PPT. 

Dengan adanya sistem e-learning ini, masih banyak mahasiswa yang belum paham dan tak heran bagi mahasiswa untuk belajar dua kali atau bisa lebih dari itu untuk memahami materi yang diberikan. Kesulitan lainnya dengan menggunakan sistem e-learning ini ialah koneksi internet yang kadang buruk, hal ini bisa terjadi pada mahasiswa yang tempat tinggalnya masih kesulitan dalam mengakses internet. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta berupaya untuk tetap memberikan perkuliahan yang baik dan dapat dijangkau dari semua kalangan mahasiswanya.  

Dengan menggunakan media e-learning sebagai salah satu sarana dalam menyampaikan perkuliahan di masa pandemi ini tidak sepenuhnya efektif, mahasiswa merasa kesulitan dengan sistem perkuliahan ini, namun dengan menggunakan media ini dapat sedikit membantu dosen untuk tetap mengirim materi dan memberi tugas kepada  mahasiswanya. 

Penggunaan e-learning dalam pembalajaran daring diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam perkuliahan selama pandemi Covid-19.  Diharapkan dengan adanya kebijakan kampus untuk menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran ini dapat berjalan sebagaimana mestinya sampai pandemi ini dinyatakan usai. Semoga pandemi ini segera berakhir agar perkuliahan dapat dilakukan secara tatap muka dan kembali seperti semula. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan