Bulan Januari 2021 hampir berakhir namun sayangnya jarak diantara siswa dan gurunya belum berakhir. Pembelajaran jarak jauh masih berlaku di semester dua tahun ajaran 2020/2021 saat ini. Guru diminta untuk lebih ekstra inovatif dan kreatif serta menyenangkan siswa meski pandemi Covid-19 masih menyerang negara manapun diseluruh dunia. Berbagai macam solusi dilalui oeh para guru utamanya guru yang mengajarkan ilmu-ilmu yang membutuhkan banyak praktik. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Bahasa Inggris, tentu sulit mengajarkan ilmu bahasa ditengah keadaan kami yang sulit bertemu karena biasanya saya melihat, memberikan penjelasan dan memberikan penilaian secara langsung menggunakan metode direct kini saya harus memulai langkah lain.
Materi yang akan dibahas kali ini adalah mengenai Simple Present Tense.
The present tense is the base form of the verb; I work in London
But the third person (she/he/it) adds an -s: She works in London
The present tense is the base form of the verb; I work in London
But the third person (she/he/it) adds an -s: She works in London
We use simple present tense to talk about:
Something that is true in the present "
- I am nineteen years old
- He lives in London
- I am student
Something that happens again and again in the present "
- I play football every weekend
- We use words like sometimes, often, always, and never (adverbs of frequency) with the present tense.
- I sometimes go to cinema
- She never plays football
Something that is always true
- The adult human body contains 206 bones
- Light travels at almost 300.000 kilometers per second
Something that is fixed in the future
- The school term starts next week
- The train leaves at 1945 this evening
- We fly to paris next week
- How do you deny something (negative sentences)
Subject
Verb
Object
You
We
They
He
She
It
Don't (do not)
Doesn't
(does not)
Milk
- How do you ask for information (interrogative sentences)
Subject
Verb
Object
Object
Do
Does
You
We
They
He
She
It
Drink
Milk ?
Dialogue 1
In the Siti's kitchen.
Siti      : "Sorry guys, the kitchen is small. Its not comfortable for all of us."
Lisa     : "It's okay. I things it's very nice kithcen. Look at this purple dish rack. It's very cute."
Edo     : "Yes, and everything is very well organized it's a very neat kitchen."
1. What are they talking about?
2. Is her kitchen small and neat?
3. What are things on her kitchen?
4. What's Siti's kitchen like?
5. How many people are there?
Dialogue 2
Answer the questions based on the text below.
In the Beni's living room.
Udin    : "Beni, your couch is very comfortable."
Beni     : "Thank you. I like this couch too."
Edo     : "And I like the colour."
Udin    : "Yeah, I like dark brown, too."
Edo     : "And you have a very big TV. It's awesome."
1. How many people are there?
2. What is the colour of the couch ?
3. What are things in his living room?
4. Does Edo like his the colour of the couch?
5. What's is Beni's couch like?
Langkah-Langkah Pembelajaran Daring
a. Pembukaan
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran secara tertulis dan direspon oleh siswa melalui aplikasi Google Meet
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin melalui aplikasi Google Meet yang sudah dibagikan kepada siswa.
Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran melalui aplikasi Google Meet
Menyampaikan motivasi tentang semangat dan menguatkan peserta didik untuk tetap di rumah dan berpikiran positif dimasa pandemi
b. Inti
Peserta didik melakukan kegiatan literasi dirumah masing-masing  dengan membuka handout masing-masing lalu mendengarkan penjelasan guru mengenai simple present tense melalui aplikasi Google Meet
Peserta didik aktif dalam sesi tanya jawab dan mengisi latihan soal dengan bimbingan guru
Peserta didik melaporkan kembali hasil tugas melalui  https://web.whatsapp.com
Dari pembelajaran daring yang saya lakukan. Saya meneaepkan pembelajaran aktif meski melalui panggilan video call secara virtual dengan melakukan absen terlebih dahul lalu menanyakan kabar mereka serta menjelaskan semuanya berdasarkan cerita diatas.
Sampai pada akhirnya saya membimbing siswa melalui aplikasi Google Meet, terlihat siswa cukup canggung namun beberapa antuasias dengan pembelajaran karena sudah lama tak bertatap muka. Saya meminta siswa menunjukan hasil pengerjaan tugas mereka dengan memperlihatkan melalui layar ponsel. Siswa juga aktif bertanya dan beberapa kali menanyakan bagaimana cara penulisan yang benar terkait angka.
Andhika : "Miss bagaimana cara menulis ada tiga orang dalam bahasa inggris dalam dialog."
Miss Hilda : "There are three people in the dialogue."
Andhika  : Okay, Miss. Thank you.
c. Penutup
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik ditanya, bagaimana perasaannya, sebagai refleksi.
Guru meminta peserta didik membuat kesimpulan dan memberikan feedback terkait pembelajaran
Peserta didik diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Peserta didik diberi tugas singkat.
Dari pembelajaran jarak jauh ini saya banyak belajar terutama bagaimana saya harus meningkatkan kemampuan saya menjadi guru yang lebih inovatif dan kreatif dalam sisi penyampaian materi serta lebih banyak melakukan simulasi dan menjadikan diri saya sebagai role model yang baik dalam mendidik dan mengajar siswa saya ditambah saya juga harus lebih sering berkomunikasi dengan siswa terkait kendala pembelajaran jarak jauh yang terjadi saat ini.Â
Sejatinya pembelajaran jarak jauh tidak akan menjadi penghalang karena semangat juang kita mengalahkan virus apapun karena ilmu adalah buruan perlu diikat dengan kencang. Tetap berdiri teguh guru sekalian dan tetap berjuanglah guru sekalian! Mari kita tingkatkan pendidikan bangsa menjadi lebih baik ke depannya.