Mohon tunggu...
nurhidayati
nurhidayati Mohon Tunggu... Guru - Love to reading, writing, eating nice foods, watching netflix movies, enjoying every second I have at my life

Teacher and Author Alumni STKIP SILIWANGI BANDUNG 12220300 Works at SMP PGRI CIPANAS from 2017 until now Works at SMP I AL FAJAR from 2020 until now Five Minutes Left "Snacbook" Bentang Pustaka (2017) Share your experience with me Facebook : Hilda Chamberlain Instagram : nurhidayati_hilda Wattpad : Hilda32

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Present Tense melalui Aplikasi Youtube dan Google Meet

30 Januari 2021   13:12 Diperbarui: 3 Juli 2022   16:12 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Bulan Januari 2021 hampir berakhir namun sayangnya jarak diantara siswa dan gurunya belum berakhir. Pembelajaran jarak jauh masih berlaku di semester dua tahun ajaran 2020/2021 saat ini. Guru diminta untuk lebih ekstra inovatif dan kreatif serta menyenangkan siswa meski pandemi Covid-19 masih menyerang negara manapun diseluruh dunia. Berbagai macam solusi dilalui oeh para guru utamanya guru yang mengajarkan ilmu-ilmu yang membutuhkan banyak praktik. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Bahasa Inggris, tentu sulit mengajarkan ilmu bahasa ditengah keadaan kami yang sulit bertemu karena biasanya saya melihat, memberikan penjelasan dan memberikan penilaian secara langsung menggunakan metode direct kini saya harus memulai langkah lain.

Materi yang akan dibahas kali ini adalah mengenai Simple Present Tense.

The present tense is the base form of the verb; I work in London

But the third person (she/he/it) adds an -s: She works in London

The present tense is the base form of the verb; I work in London

But the third person (she/he/it) adds an -s: She works in London

We use simple present tense to talk about:

Something that is true in the present "

  • I am nineteen years old
  • He lives in London
  • I am student

Something that happens again and again in the present "

  • I play football every weekend
  • We use words like sometimes, often, always, and never (adverbs of frequency) with the present tense.
  • I sometimes go to cinema
  • She never plays football

Something that is always true

  • The adult human body contains 206 bones
  • Light travels at almost 300.000 kilometers per second

Something that is fixed in the future

  • The school term starts next week
  • The train leaves at 1945 this evening
  • We fly to paris next week
  • How do you deny something (negative sentences)

Subject

Verb

Object

You

We

They

He

She

It

Don't (do not)

Doesn't

(does not)

Milk

  • How do you ask for information (interrogative sentences)

Subject

Verb

Object

Object

Do

Does

You

We

They

He

She

It

Drink

Milk ?

Dialogue 1

In the Siti's kitchen.

Siti           : "Sorry guys, the kitchen is small. Its not comfortable for all of us."

Lisa         : "It's okay. I things it's very nice kithcen. Look at this purple dish rack. It's very cute."

Edo         : "Yes, and everything is very well organized it's a very neat kitchen."

1. What are they talking about?

2. Is her kitchen small and neat?

3. What are things on her kitchen?

4. What's Siti's kitchen like?

5. How many people are there?

Dialogue 2

Answer the questions based on the text below.

In the Beni's living room.

Udin       : "Beni, your couch is very comfortable."

Beni        : "Thank you. I like this couch too."

Edo         : "And I like the colour."

Udin       : "Yeah, I like dark brown, too."

Edo         : "And you have a very big TV. It's awesome."

1. How many people are there?

2. What is the colour of the couch ?

3. What are things in his living room?

4. Does Edo like his the colour of the couch?

5. What's is Beni's couch like?

Langkah-Langkah Pembelajaran Daring

a. Pembukaan

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran secara tertulis dan direspon oleh siswa melalui aplikasi Google Meet

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin melalui aplikasi Google Meet yang sudah dibagikan kepada siswa.

Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran melalui aplikasi Google Meet

Menyampaikan motivasi tentang semangat dan menguatkan peserta didik untuk tetap di rumah dan berpikiran positif dimasa pandemi

b. Inti

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Pertemuan sebelumnya peserta didik sudah menonton penjelasan mengenai Present Tense melalui https://www.youtube.com/watch?v=aum24ObIAp4

Peserta didik melakukan kegiatan literasi dirumah masing-masing  dengan membuka handout masing-masing lalu mendengarkan penjelasan guru mengenai simple present tense melalui aplikasi Google Meet

Peserta didik aktif dalam sesi tanya jawab dan mengisi latihan soal dengan bimbingan guru

Peserta didik melaporkan kembali hasil tugas melalui  https://web.whatsapp.com

Dari pembelajaran daring yang saya lakukan. Saya meneaepkan pembelajaran aktif meski melalui panggilan video call secara virtual dengan melakukan absen terlebih dahul lalu menanyakan kabar mereka serta menjelaskan semuanya berdasarkan cerita diatas.

Sampai pada akhirnya saya membimbing siswa melalui aplikasi Google Meet, terlihat siswa cukup canggung namun beberapa antuasias dengan pembelajaran karena sudah lama tak bertatap muka. Saya meminta siswa menunjukan hasil pengerjaan tugas mereka dengan memperlihatkan melalui layar ponsel. Siswa juga aktif bertanya dan beberapa kali menanyakan bagaimana cara penulisan yang benar terkait angka.

Andhika : "Miss bagaimana cara menulis ada tiga orang dalam bahasa inggris dalam dialog."

Miss Hilda : "There are three people in the dialogue."

Andhika   : Okay, Miss. Thank you.

c. Penutup

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik ditanya, bagaimana perasaannya, sebagai refleksi.

Guru meminta peserta didik membuat kesimpulan dan memberikan feedback terkait pembelajaran

Peserta didik diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.

Peserta didik diberi tugas singkat.

Dari pembelajaran jarak jauh ini saya banyak belajar terutama bagaimana saya harus meningkatkan kemampuan saya menjadi guru yang lebih inovatif dan kreatif dalam sisi penyampaian materi serta lebih banyak melakukan simulasi dan menjadikan diri saya sebagai role model yang baik dalam mendidik dan mengajar siswa saya ditambah saya juga harus lebih sering berkomunikasi dengan siswa terkait kendala pembelajaran jarak jauh yang terjadi saat ini. 

Sejatinya pembelajaran jarak jauh tidak akan menjadi penghalang karena semangat juang kita mengalahkan virus apapun karena ilmu adalah buruan perlu diikat dengan kencang. Tetap berdiri teguh guru sekalian dan tetap berjuanglah guru sekalian! Mari kita tingkatkan pendidikan bangsa menjadi lebih baik ke depannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun