Mohon tunggu...
Nur Haswindar
Nur Haswindar Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hobi sy volly, kepribadian sy baik,konten yang sy suka yaitu konten yang mendedikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dasar-dasar Pemasaran

22 Maret 2024   10:28 Diperbarui: 22 Maret 2024   10:37 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.*Pentingnya pemasaran*

Pemasaran sangat penting untuk memberikan semacam layanan penjualan yang dibutuhkan. Pemasaran tentunya sangat membantu pelanggan untuk membeli produk pemasaran, biasanya akan memberikan pemahaman kepada konsumen kegunaan produk.

Pemasaran dalam aspek pasar sangat penting dalam studi kelayakan bisnis, karena nantinya dapat membantu sebuah bisnis untuk menentukan arah dan tujuan serta sasaran pemasaran dari produk yang akan ditawarkan.

2. *Ruang lingkup pemasaran*

Ruang lingkup pemasaran adalah individu atau kelompok yang terlibat dalam kegiatan pemasaran, yaitu mencari informasi, menganalisis, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi secara terus menerus.

3. *konsep-konsep dasar dalam pemasaran*

Dalam pemasaran kita harus memerhatikan konsep-konsep yang paling dasar dalam pemasaran, yaitu:

* Penentuan produk

     Dalam penentuan produk untuk perencanaan pemasaran, kita harus mengerti produk apakah, bagaimanakah yang harus kita hasilkan. Berdasarkan segmentasi pasar yang kita punya kita harus bisa menentukan apakah, bagaimanakah produk yang akan kita hasilkan, bagaimana bentuknya, bagaimana kemasan nya, desain kemasan nya serta melakukan split testing atau pengujian terpisah untuk menentukan produk seperti apa yang sebenarnya diinginkan pasar.

* Penentuan Harga

     Manajemen pemasaran dalam penentuan harga mewajibkan kita untuk bisa menentukan harga baik secara perhitungan matang untuk produksi barang dan penyesuaian harga nya dengan pesaing bagaimana produk kita dengan kualitas yang lebih baik mampu memiliki harga yang kompetitif. Selain itu manajemen penentuan harga juga perlu memperhatikan 3 lingkungan rantai suplai yaitu produsen, agen atau reseller hingga ke konsumen.

*Penentuan Pasar dan Segmentasi

    Sebuah bisnis atau perusahaan harus memiliki sebuah segmen pasar yang sesuai dengan produk / jasa mereka. Karena pasar itu sendiri memiliki cakupan yang luas, maka dengan mempelajari demografi baik secara tingkat ekonomi, umur, gender dan lainnya sebuah bisnis harusnya mampu menentukan segmen pasar yang mana yang cocok untuk ditarget.

* Manajemen Distribusi

     Dalam proses perencanaan dan manajemen distribusi tentu sangat perlu diperhatikan bagaimana kepuasan 3 lingkungan distribusi itu sendiri yaitu produsen, agen/reseller hingga ke konsumen. Sebuah bisnis harus mampu menentukan cara yang tepat paling efektif dan efisien yang harus dilakukan dalam sebuah rantai distribusi produk / jasa nya.

* Manajemen Promosi

     Dalam proses promosi harus dilakukan secara tepat, karena di saat ini lah sebuah bisnis membangun sebuah opini atau posisi persepsi pasar terhadap produk / jasa yang dijual. Proses ini meliputi publikasi, pendekatan ke pasar, menjaga relasi, kerjasama media pendukung serta penjualan langsung. Proses ini merupakan ujung tombak dari proses manajemen pemasaran yang mampu menentukan strategi serta perencanaan yang telah dibuat sudah tepat atau tidak.

4. *Perubahan manajemen pemasaran*

Pemasaran telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, namun perubahan yang paling menonjol adalah cara periklanan dan promosi dilakukan. Masa-masa awal pemasaran didominasi oleh media cetak, seperti majalah dan surat kabar. Namun, seiring dengan semakin banyaknya orang yang menjadi konsumen online, platform online menjadi lebih efektif dalam menjangkau pelanggan. Iklan televisi dan siaran radio juga mengikuti tren ini, sehingga mereka semakin bergantung pada teknologi digital untuk menjangkau audiens target mereka. Mengapa ini penting? Pertama, kita harus mendefinisikan cara kerja periklanan di setiap jalur dan bagaimana hal tersebut memengaruhi cara kita beriklan saat ini.

Dalam strategi pemasaran, terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan, antara lain sebagai berikut:

- daur hidup produk

- posisi persaingan perusahaan di pasar

- situasi ekonomi 

5. *Tugas yang diperlukan untuk manajemen pemasaran yang berhasil*

Perlu di ingat dan diperhatikan tugas yang di perlukan dalam manajemen pemasaran yang berhasil antara lain:

*menganalisis peluang pasar

*perencanaan kegiatan pemasaran

*menyelenggarakan kegiatan pemasaran

*mengkoordinasi dan memotivasi karyawan

*mengevaluasi dan mengontrol aktivitas pemasaran

*konsep produksi

*konsep produk

*konsep penjualan 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun