Mohon tunggu...
Nurhana
Nurhana Mohon Tunggu... Penulis - Pernah belajar dan mengajar menjadi motivator anak dan orang dewasa mengenai minat baca dan minat belajar anak.

Berbagi tulisan seputar pendidikan anak dan parenting. Terlebih mengenai minat baca dan minat belajar anak. No Go-Pay : 081211765023

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Warisan Berharga untuk Anak

24 Agustus 2022   16:55 Diperbarui: 24 Agustus 2022   16:59 104 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tidak selamanya anak-anak akan selalu bersama kita orang tuanya. Akan ada masanya anak akan belajar mandiri dengan segala yang dihadapi dalam kehidupan ini. Anak akan belajar menghadapi dan mengatasi segala permasalahan yang dia alami baik yang ringan ataupun yang berat. Sebagai orang tua, kita juga tidak bisa selalu mendampingi mereka, bisa jadi kita akan terbatas dengan  jarak dan waktu.

Saat anak-anak kita menginjak dewasa, mereka akan menghadapi berbagai permasalahan hidup yang lebih berat dari sebelumnya, mereka pun harus mampu menghadapi segalanya dengan baik. Hidup ketergantungan terhadap orang tua ataupun orang lain, tidak boleh kita tanamkan pada mereka, karena hal ini akan membuat mereka kesulitan menghadapi masalah baik ringan ataupun berat pada masa yang akan datang.

Oleh sebab itu,  

Bekal apa yang harus kita berikan kepada mereka?sejak dini anak-anak harus kita berikan bekal atau warisan yang dapat bermanfaat hingga mereka dewasa, agar mereka siap dan mampu menghadapi segala macam tantangan dalam kehidupan.

Warisan apakah yang tepat dan juga bermanfaat untuk kehidupan anak-anak kita?

Haruskah kita wariskan mereka dengan warisan uang yang kita miliki? Sehingga ketika dewasa mereka tidak perlu lagi bekerja dan hanya menggunakan uang semaunya saja. Tentu hal ini bukanlah bekal yang tepat kita berikan pada anak-anak kita.

Atau kita wariskan mereka dengan ilmu yang kita miliki? Padahal, belum tentu ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat di masa depan mereka. Bukankah setiap zaman itu berbeda, dan akan selalu ada perubahan. Maka,bekal ini kurang tepat kita berikan untuk mereka.

Dan ternyata warisan atau bekal yang tepat juga bermanfaat untuk anak-anak kita adalah warisan berupa  minat baca dan minat belajar untuk mereka anak-anak kita. Warisan ini adalah sebuah kunci untuk menghadapi segala permasalahan dalam kehidupan mereka.

Benarkah warisan minat baca dan minat belajar anak adalah warisan yang tepat dan akan bermanfaat?

Mengapa warisan minat baca dan minat belajar anak dapat menjadi kunci dalam menghadapi segala permasalahan hidup?

Mari kita pelajari dan pahami bersama penjelasan berikut ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan