Mohon tunggu...
Nurhaenah
Nurhaenah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mungkinkah Agama Menjadi Dasar Sistem Ekonomi dalam Ilmu Pengetahuan?

25 September 2022   08:18 Diperbarui: 25 September 2022   08:19 106 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mungkinkah Agama Menjadi Dasar Sistem Ekonomi Dalam Ilmu Pengetahuan?

Agama dan ekonomi adalah dua hal yang berbeda. Secara umum agama adalah religion diartikan sebagai persepsi dan keyakinan manusia terkait dengan eksistensi nya, alam semesta, dan peran tuhan terhadap alam semesta dan kehidupan manusia sehingga membawa kepada pola hubungan dan perilaku manusia dengan Tuhan, sesama manusia dan alam semesta. Sedangkan ekonomi adalah aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adapun aktivitas itu meliputi produksi, distribusi dan konsumen.

Dari pengertian diatas dapat kita seduh atau pahami bahwa agama mencakup perilaku manusia termasuk semua tahap dan aspek nya.dengan demikian ekonomi merupakan suatu bagian dari agama. 

Dalam hal ini setiap agama memiliki pandangan terhadap cara manusia berperilaku mengorganisasi kegiatan ekonominya.

Islam memandang aktivitas ekonomi secara positif. Islam memosisikan kegiatan ekonomi sebagai salah satu aspek penting untuk mendapatkan kemuliaan atau Falah , dan karenanya kegiatan ekonomi sama dengan kegiatan lainnya yang memiliki aturan yang tidak melenceng dari ajaran Islam. Tanpa agama, ekonomi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya karena agama yang mengatur segala tentang ekonomi itu sendiri. Agama yang mengatur sikap serta tindakan yang kita lakukan dalam kegiatan ekonomi.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan