Mohon tunggu...
Nur Fuadah
Nur Fuadah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN Walisongo Semarang

kenshi Kempo'20

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Mengajarkan Anak Mengaji Sejak Dini

19 Mei 2022   03:31 Diperbarui: 19 Mei 2022   03:37 55 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa sih pentingnya belajar mengaji? Mengapa anak perlu belajar sejak dini?

Pendidikan Al-Qur'an sangatlah penting diberikan kepada anak sejak dini, karena Al-Qur'an merupakan pembeda antara haq dan batil yang kemudian menjadi pedoman hidup bagi setiap umat muslim.

Rasulullah pernah melakukan implementasi seruan yang menganjurkan agar senantiasa mempelajari, mengkaji serta mengamalkan Al-Qur'an yang dilaksanakan dalam Majelis Rasulullah yang kemudian menjadi pusat menyebarluaskan ilmu dan ajaran agama. Dalam majelis ini, Rasulullah memimpin tadarus sekaligus mengontrol dan memperbaiki bacaan para sahabat yang masih terdapat kekeliruan dalam membaca Al-Qur'an.

Dari masa itulah belajar mengaji Al-Qu'an sejak dini telah menjadi budaya dan adat di Indonesia. Mengapa demikian? Pada dasarnya belajar mengaji dapat dimulai sejak usia dini, usia remaja, maupun sudah usia dewasa atau tua. Namun pada usia dini inilah yang merupakan usia yang paling tepat untuk mempelajari hal baru karena anak usia dini akan lebih cepat menerima dan mengerti materi yang diberikan.

Rasulullah selalu menekankan agar umat yang telah mengerti Al-Quran dapat mengajarkannya kepada orang lain. Pembelajaran sebaiknya diberikan sejak dini. Nabi bersabda, "Siapa yang mengajarkan membaca Al-Qur'an kepada anakya akan diampuni dosanya, dan barang siapa yang mengajarkan dengan hafalan diluar kepala, maka Allah akan membangkitkannya kelak dihari kiamat dengan wajah seperti bulan purnama." (HR Thabrani, Anas)

Alasan khusus mengapa Nabi menegaskan hal tersebut. Dengan sejak dini anak-anak dikenalkan kepada Al-Qur'an, diharapkan tumbuh kepercayaan terhadap Allah SWT sebagai tuhannya dan Al-Qur'an adalah firman-Nya. Keyakinan yang tertanam sejak kecil akan terpatri hingga remaja dan masa dewasanya serta meneguhkan akidah.

Apa pentingnya belajar mengaji Al-Qur'an sejak dini?

Pertama yaitu usia dini merupakan usia paling tepat untuk mempelajari hal baru karena anak usia dini akan lebih cepat mengerti materi yang diberikan. Anak pada usia dini cenderung lebih mudah untuk menangkap suatu hal dan suatu pembelajaran yang baru. Sehingga apabila anak terbiasa dilatih untuk mengaji Al-Qur'an setiap harinya, maka hal ini tentunya merupakan awal yang baik bagi anak

Kedua yaitu menjadi bekal bagi seorang anak untuk kehidupan mereka nantinya. Seorang anak yang terbiasa mengaji sejak dini tentunya dengan hal itu akan menjadi bekal yang sangat berguna bagi kehidupan mereka dimasa yang akan datang. Mereka bisa menerapkan isi dari Al-Qur'an tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

Ketiga yaitu memdapatkan pahala sejak usia dini. Paha merupakansebuah bonus tambahan yang akan didapatkan bagi setiap umat muslim yang menjalankan perintah Allah. Namun, niatkan tujuan kita mengaji Al-Qur'an tersebut ikhlas karena Allah Ta'ala, maka pahala tersebut akan datang seiring dengan niat kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan