Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar menulis

Mahasiswi FPP UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Belanja Online Ramah Lingkungan, Apa Bisa?

23 Maret 2022   11:40 Diperbarui: 23 Maret 2022   11:57 162 22 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: pexels.com/Gustavo Fring

Belanja online sudah pasti sering kamu lakukan bukan? Apalagi bagi kamu yang sibuk kerja dan ditambah dengan keadaan pandemi yang membatasi kontak fisik maka belanja online menjadi salah satu metode belanja yang efektif. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan secara online transaksi belanja online masyarakat Jabodetabek mengalami peningkatan yaitu dari 1-5 kali sebulan menjadi 1-10 kali selama WFH. 

Belanja online yang cenderung meningkat akan menghasilkan sampah plastik yang meningkat pula jumlahnya. Sering kamu menjumpai kemasan produk paket yang diterima dibungkus dengan plastik yang tebal dibagian luar dan dilapisi dengan bubble wrap yang tebal juga di bagian dalamnya lalu di selotip. Lalu apa yang harus kamu lakukan supaya jumlah sampah plastik tidak semakin banyak? Kamu bisa mencoba belanja sadar lingkungan. Berikut tips yang bisa kamu terapkan dalam belanja sadar lingkungan :

1.  Membeli barang yang jaraknya lebih dekat dari tempatmu tinggal. Pembelian barang yang jaraknya lebih dekat akan meminimalkan risiko kerusakan produk. Sehingga kemasan produk yang digunakan juga bisa lebih tipis, otomatis plastik yang digunakan juga lebih tipis juga. Selain itu, kamu juga bisa meminta penjual untuk tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus. Akan tetapi perlu diingat dan di pertimbangan untuk jenis produk apa yang akan dikirim ya. 

2. Menggunakan kembali plastik pembungkus paket. Kamu bisa memanfaatkan kembali plastik pembungkus paket yaitu bubble wrap nya secara kreatif. Sehingga dapat mengurangi jumlah plastik yang mau kamu buang. Bubble wrap dapat kamu gunakan untuk pelindung tas bagian dalam maupun bagian luar tas sebagai pelindung saat tas di simpan dalam almari. Selain itu juga dapat digunakan untuk membungkus makanan supaya tetap hangat. 

3. Membeli barang dalam satu waktu secara bersamaan. Membeli barang langsung bareng/bersama dalam satu waktu juga dapat kamu lakukan. Paket yang dikirim nanti akan memiliki satu kemasan yang lebih besar sehingga plastik yang digunakan sebagai pembungkus jumlah juga tidak banyak. Kamu perlu membuat list daftar barang yang akan habis lalu kamu beli barang dalam satu kali pembelian. Mungkin akan sedikit ribet tapi ini lebih hemat plastik dan hemat ongkos kirim juga. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dalam belanja sadar lingkungan. Mulai lakukan langkah kecil perubahan dalam belanja online untuk selamatkan bumi dari tumpukan sampah plastik. Semoga beberapa tips belanja sadar lingkungan ini bisa bermanfaat.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan