Mohon tunggu...
Nur aini fadlilah
Nur aini fadlilah Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang

pecinta buku dan semua ilmu

Selanjutnya

Tutup

Politik

Sekeren apa komunikasi politik prabowo subianto di instgram

13 Juli 2025   19:14 Diperbarui: 13 Juli 2025   19:23 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Prabowo Subianto (sumber: kaltim.tribunews.com) 

Media kontemporer khususnya media sosial akan semakin penting dalam komunikasi politik, dimana fungsinya tidak hanya sebatas sebagai sumber informasi tetapi juga berpengaruh pada elektabilitas atau citra diri politisi. Di indonesia, media sosial instagram meraih peringkat kedua dengan pengguna terbanyak. Media sosial dengan pengguna generasi muda ini dinilai menjadi salah satu platfrom yang tepat sebagai strategi untuk menggapai dukungan pemilih, mengingat pemilu 2024 didominasi oleh generasi milenial.

Akun Instagram Prabowo subianto merupakan salah satu akun yang paling aktif diantara tokoh politik indonesia. Akun dengan pengikut yang mencapai hingga 13 juta tersebut berisi konten dengan cakupan foto dan video kegiatan sehari-hari Prabowo subianto seperti kegiatan kunjungan ke beberapa daerah, kegiatan delegasi ke luar negeri, dan momen-momen penting lainnya. Frekuensi postingan akun meningkat dan digunakan secara intensif Ketika masa kampanye pemilu 2024 dimulai. Kampanye digital yang dilakukan seperti postingan mengenai jadwal kampanye, dokumentasi perjalanan kampanye, dan mengajak seluruh pengikutnya untuk meramaikan dalam berbagai kegiatan kampanye yang ia lakukan. Jika dilihat dari pengikut dan engagement, akun pribadi miliki Prabowo lebih unggul dibandingkan akun milik capres lain. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri, mengingat bahwa Instagram merupakan media sosial kedua terbesar di Indonesia, sehingga pengaruh dan cakupan kampanye Prabowo lebih luas dibandingkan yang lain. 

Prabowo merupakan seorang yang tumbuh dan besar dikalangan militer, sehingga tak jarang sikapnya diidentikan dengan kaku, tegas, dan formal. Namun selama 4 kali ia mencoba untuk terjun dalam konstelasi pilpres, strategi ditahun 2024 ini cukup berbeda. Bersama melalui media sosial ia ingin merubah transisi politiknya menjadi lebih terbuka dan menjadi politisi sipil.

Kemampuan Prabowo dalam mengangkat masalah yang relevan dengan tuntutan masyarakat dalam visi misi dan pidatonya dengan Bahasa yang sederhana telah membuktikan kekuatan dari Prabowo untuk memenangkan hati masyarakat. Untuk memperteguh pesan pesan politik di media sosial, kampanye Prabowo sendiri cukup luar biasa, ia melakukan kampanye secara langsung di 38 provinsi di Indonesia. Strategi kampanye dan marketing politik yang digunakan Prabowo dalam Instagram pribadinya terbilang sukses hal ini didasari pada respon masyarakat umum dan pendukungnya dikolom komentar yang mayoritas berisi pujian dan dukungan untuk prabawo dalam pilpres 2024. Kampanye dalam Instagram Prabowo ini juga dibantu dan dimasifkan dalam akun Instagram miliki partai gerindra dan akun Instagram Prabowo.gibran.02 dengan engagement yang tak kalah banyak. Pembangunan citra Prabowo dengan personal branding yang lebih kekinian, santai, terbuka, dan kampannye yang begitu masif dihampir semua lini media sosial membuat marketing politik yang digunakan Prabowo terbilang berhasil menarik perhatian dan dukungan masyarakat khusunya dari generasi muda.  

Dengan kekuatan komunikasi politiknya yang hebat, adakah aspek yang masih perlu untuk dievaluasi dalam strategi komunikasi politik prabowo ini?

yaa, terdapat beberapa aspek yang masih perlu untuk diperbarui dalam beberapa aspek

  • strategi komunikasi

Dalam hal ini penulis menyarankan agar dalam pembuatan narasi/caption dipostingan Instagram, Prabowo disarankan untuk lebih konsisten dengan mengaitkan setiap isu atau dukungannya terhadap gerakan tertentu dengan visi misinya secara konkret untuk Indonesia. Hal ini untuk memudahkan audiens pemahaman mengenai dalam arah kepemimpinan Prabowo. Selain itu seperti yang telah dipaparkan dalam bab marketing politik bahwa Instagram Prabowo lebih banyak digunakan untuk memposting dokumentasi kampanye dan kegiatannya dalam hal yang berfokus pada kebanggaan nasional. Maka disini penulis menyarankan agar Prabowo bersama tim medianya untuk lebih memperbanyak lagi kontek edukasi mengenai program konkret yang ditawarkan dalam visi misinya seperti isu Pendidikan, infrastruktur, dsb.

  •  retorika

Evaluasi retorika ini didasarkan pada konten vidio. Penulis menyarankan agar Prabowo dapat menggunakan keseimbangan antara Bahasa sehari hari dengan Bahasa formal, hal ini dilakukan untuk menunjukkan intelektual dan kedalaman visi. Prabowo dapat menyampaikan pandangannya yang visioner dengan tetap menggunakan nada yang dapat dipahami, pengontrolan emosi dan ekspresi wajah yang tepat agar citranya tidak hanya terkenal sebagai pemimpin yang dekat, akan tetapi juga pemimpin yang cerdas dan berwawasan luas. Gaya retorika Prabowo sebaikanya lebih berfokus pada penjelasan yang detail dan terstruktur pada program kerja yang akan dijalankan serta menekankan pada pencapaian dan solusi konkret tantangan dalam nasional. 

  • visual yang ditampilkan

Postingan dalam Instagram Prabowo terkesan statis karena mayoritas menampilkan kegiatannya dalam ranah pemerintahan dan perpolitikan. Prabowo dapat lebih banyak membuat konten video yang menunjukkan interaksinya degan masyarakat dan memperlihatkan sisi pribadinya. Hal ini seperti video dibelakang layer Ketika kampanye atau video interaksi Prabowo dengan beberapa ahli Ketika membahas isu-isu yang spesifik. Selain itu dalam memudahkan audiens mengenai program kerjanya dan memperkuat kredibilitasnya ia dapat menggunakan infografis atau dengan video penjelasan singkat. 

  • interaksi dengan audiens

Dalam kolom komentar terlihat Prabowo atau tim media sosial yang mengelola jarang merespons komentar-komentar dari audiens. Hal ini bisa dibenahi dengan lebih aktif merespon atau memberikan klarifikasi dan jawaban atas isu-isu atau pertanyaan dari masyarakat. Hal ini mencerminkan kedekatan dan kepepdulian Prabowo dalam mendengarkan aspirasi masyarakat. Prabowo juga dapat melakukan sesi live Instagram, polling dikolom komentar, atau sesi Q&A dalam instastrory nya untuk memberikan rasa kedekatan dan akses langsung dari masyarakat terhadap pemimpin yang akan mereka pilih.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun