Mohon tunggu...
Nur Laila Sofiatun
Nur Laila Sofiatun Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Perempuan yang ingin bermanfaat bagi keluarga, agama, bangsa dan negara

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tips Sukses Menulis Ala Uda Ivan Lanin

23 September 2022   11:00 Diperbarui: 23 September 2022   11:24 148 14 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama seluruh peserta Wikicendekia 2022 bersama dengan Uda Ivan Lanin dan juga panitia (sumber: dokpri panitia)

Dua minggu yang lalu, tepatnya tanggal 3-4 September 2022 saya mengikuti kegiatan Wikicendekia 2022. Kegiatan ini diadakan oleh Tim Pendidikan Wikimedia Indonesia. Pelaksanaan kegiatan di The Atrium Hotel & Resort, Yogyakarta.

Kegiatan Wikicendekia sendiri merupakan lanjutan dari kegiatan WikiPelatih yang sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para Sukarelawan Wikimedia Indonesia untuk siap melatih orang-orang lain yang ingin menjadi sukarelawan di proyek-proyek wiki Indonesia.

Wikimedia Indonesia

Wikimedia Indonesia sendiri merupakan organisasi perkumpulan nirlaba Indonesia yang terdiri dari para sukarelawan di proyek-proyek Wiki di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 5 September 2008.

Dalam kegiatan tersebut para peserta diberikan materi dan praktek tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan proyek Wiki dan tentang bagaimana caranya menjadi penulis sekaligus pelatih Wiki yang baik. Narasumber pelatihan adalah para sukarelawan yang ahli di bidangnya. Sedangkan peserta kegiatan ini berjumlah 30 orang dari berbagai penjuru di Indonesia.

Salah satu narasumber dalam kegiatan ini adalah Ivan Razela Lanin, yang biasa dipanggil dengan sapaan Uda Ivan Lanin. Ivan Lanin merupakan salah satu pendiri dari Wikimedia Indonesia dan juga Pemilik Narabahasa. Ia mengisi materi tentang bagaimana cara presentasi yang baik.

Tips Menulis Ala Uda Ivan Lanin

Di awal materi, beliau menceritakan tentang kisahnya bisa sampai menjadi penulis dan pemilik Narabahasa seperti sekarang ini. Beliau menceritakan bagaimana ia dengan latar belakang Teknik Kimia akhirnya bisa menjadi seorang ahli di bidang bahasa. 

Ivan Lanin menceritakan bahwa semuanya bermula saat ia menulis artikel dengan judul "Pajak" di Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI). Sejak saat itu beliau keranjingan untuk menulis lagi dan lagi. Bahkan beliau mengatakan bahwa waktunya saat itu banyak ia gunakan untuk menulis.

Ivan Lanin pun membagikan tips sukses menulis kepada kami. Ia ingin kami dengan latar belakang pendidikan yang bermacam-macam bisa menjadi penulis yang produktif.

Tahukah kalian, apa kunci sukses menulis?

Tanya Ivan Lain kepada para peserta Wikicendekia 2022 yang terlihat antusia dengan materi yang diberikan. 

Kunci sukses menulis adalah menulis.

Aku pun mengamini perkataan Ivan Lanin. Hal ini sama halnya dengan saran dari Dosen Bahasa Indonesia UNNES, Mas Rahmat yang pernah saya tulis pada postingan dengan judul "

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan