Mohon tunggu...
Nur Aini
Nur Aini Mohon Tunggu... Nur Aini

yato452@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa UMM Melakukan Pendampingan Inovasi PPK Pembelajaran Merdeka Belajar di Masa Covid-19

18 Januari 2021   15:21 Diperbarui: 18 Januari 2021   16:32 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UMM Melakukan Pendampingan Inovasi PPK Pembelajaran Merdeka Belajar di Masa Covid-19
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Pada masa covid 19  pemerintah Indonesia memberi kebijakan  kepada masyarakat untuk melakukan Physical Distancing (menjaga jarak ).Dampaknya semua pekerjaan dilakukan  secara  daring  termasuk kegiatan pembelajaran sebab  itu  guru  dituntut dapat berinovasi  dalam mengajar. Tim Pengabdian Masyarakat Mahasiswa disingkat (PMM) Universitas Muhammadiyah . Kelompok yang beranggotakan Syarief Hidayat dan Nur Aini yang dibimbing oleh ibu Dra. Lise Chamisijatin, M.Pd dan Dra. Siti Zaenab , M.Kes melakukan kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Kebijakan “Merdeka Belajar” Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah  02 Kota Batu.

Tim PMM, kami  memdampingngi   para guru dalam  pembelajaran  melalui whatsapp  maupun Video Conference setiap satu minggu sekali .  Dalam proses pembelajar kami menemukan beberapa permasalahan   yaitu kurang  aktifnya  perserta didik  dalam proses pembelajaran  disebakan   tidak mampunya mengaplikasikan  teknologi  yang  digunakan dan kebosan dalam proses belajar.

 Dari   permasalahan tersebut  tim kami memutuskan media whatsapp  yang digunakan  yaitu dengan membuat  grup whatsapp dimana  sebagai ruang pembelajaran tempat menerapakan literasi  dengan  memberikan  bahan ajar berupa video dan artikel dimana perserta didik akan  mengamati video dan artikel tersebut kemudian di analisis.   sebelum  mengamati artikel dan video  terlebih dahulu diberikan  fakta – fakta menarik  yang umum dimasyarakat yang dapat berupa gambar , pertanyaan   yang berhubungan dengan  materi  pembelajaran.

Tim  kami juga memberikan tugas yaitu dengan membuat poster dimana poster tersebut di kerjakan selama satu minggu  dalam satu minggu tersebut perserta didik  dapat berkonsultasi  mengenai pembuaatan poster hal ini memicu keaktifan siswa  dalam bertanya. Media grup whatsapp dapat menujang proses pembelajaran  dengan beberapa fitur  yang ada  untuk  mengurangi kejenuhan  perserta guru dapat  menggunakan  voice note ,  video ,  artikel, dan gambar  dari kegiatan tersebut keaktifan siswa mengalami peningkatan.Merdeka  belajar  yaitu  memberi kebebasan dalam proses belajar  dan tranfer ilmu  untuk mendapatkan pengalaman  langsung dalam pembelajaran  dimana  perserta didik  sebagai subyek utama dari  proses Pendidikan. Implementasi  dari PPK  dapat  dikembangakan melalui Literasi.  

VIDEO PILIHAN