Mohon tunggu...
nur fatihah p
nur fatihah p Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa kesehatan masyarakat

semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Magang MBKM di Semester Lima Ngapain Aja?

2 Februari 2023   16:50 Diperbarui: 2 Februari 2023   16:59 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat pagi, siang, sore atau malam. Kenalin saya Nur Fatihah mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Program Studi Kesehatan Masyarakat semester lima yang baru saja menyelesaikan proses magang MBKM di Klinik Pratama UINSA Surabaya. Disini saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman bagaimana 4 bulan saya di Klinik Pratama UINSA Surabaya. Mulai dari bagaimana saya bisa ikut program ini, sampai apa saja yang saya lakukan disana.

Mengapa saya bisa mengikuti magang sedangkan saya saat ini masih semester 5 ? Awalnya saya mendapatkan informasi dari dosen perihal magang ini dan setelah saya pelajari syarat-syaratnya ternyata mahasiswa semester lima dapat mengikuti magang ini, sebenarnya saya agak ragu ketika mendaftarkan diri di program ini, sebab saya masih semester lima yang mana masih banyak mata kuliah yang belum saya ambil dan takut ketika magang tidak bisa melakukan tugas dengan baik karena belum menguasai mata kuliah.

Akhirnya saya pun mendaftarkan diri dan ditempatkan di Klinik Pratama UINSA, utungnya tempat magang dan kos saya ga begitu jauh jadi gaperlu persiapan lebih bagi untuk berangkat. 15 Agustus 2022 merupakan awal dari proses kegiatan magang, saat masuk magang saya ditempatkan dibagian administrasi, karena kami anak Kesehatan masyarakat yang mana lebih ke ranah manajemen Kesehatan kami tidak terlibat dalam bidang kuratif seperti dokter tetapi hanya membantu sediki-sedikit jika diperlukan, pembagian penempatan tugas kami ada tiga ada

  • administrasi, ,  pada bagian administrasi bertugas mendata registrasi pasien, menata rekam medik, input data rekam medik pasien, mengatur nomer surat keluar masuk, membuat etiket obat, dan memproses proposal pengajuan obat dari mahasiswa
  • farmasi di bidang farmasi saya membantu penataan obat, pencatatan obat yang sudah ED, dan pencatatan BHP
  • pelayanan umum, di bidang pelayanan umum tugasnya mencatat hasil pengukuran tensi darah pasien, nadi, dan suhu di rekam medik pasien

Akan tetapi tidak melulu saya bertugas di administrasi sesuai jadwal yang sudah ditetapkan diawal penempatan magang kami digilir mulai dari administrasi, farmasi dan pelayanan umum.

Tapi selain bertugas pada tiga penempatan secara bergilir tersebut, kami juga membantu untuk mengurus surat ijin klinik, membantu kegiatan pengolahan limbah yang bekerjasama dengan PT ARAH, mengatur konten Instagram, mengatur jadwal dan mengonsep kegiatan promotif klinik. Selain itu juga dilibatkan dalam kegiatan klinik yang bekerjasama dengan pihak luar, seperti siaran radio mengenai Kesehatan di RRI Surabaya, Seminar Kesehatan di UPT PSTW Pasuruan, Seminar Kecantikan kulit dengan wardah cosmetic dan masih banyak lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun