Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Bakti edukasi dengan literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

“Reading maketh a full man; and writing an exact man. ” ― Francis Bacon “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah..” ― Pramoedya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Suatu Ketika di Irlandia

2 Desember 2020   04:50 Diperbarui: 2 Desember 2020   04:57 46 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Suatu Ketika di Irlandia
Nebeng foto bikin ketawa Irish Band (dokpri)

Menginjakkan kaki di Irlandia adalah sebuah keajaiban. Ajaib, karena negara ini sempat melayang di pikiran ketika banyak film Hollywood yang berkisah imigran dari Irlandia. Apalagi pada tahun 1980-an, ada banyak berita mengenai tuduhan terhadap Tentara Irlandia (IRA) yang suka menebar suasana seperti perang  dan menebar ketakutan di Inggris Raya. 

Tentara Republik Irlandia (IRA) adalah nama yang digunakan oleh berbagai organisasi paramiliter di Irlandia selama abad ke-20 dan ke-21. 

Artinya organisasi ini terbentuk tidak secara resmi oleh pemerintahan, namun oleh bekas serdadu Perang Dunia I dan II, yang menginginkan Irlandia bebas merdeka dari Inggris.  Mereka menyatakan sebagai Republikanisme Irlandia, keyakinan bahwa seluruh Irlandia harus menjadi republik merdeka yang bebas dari kekuasaan Inggris. Pada tahun 2020 ini, terup date, Irlandia menjadi 2 wilayah negara yang terpisah, yakni di utara bergabung dengan Ingris, selatan menjadi Negara Irlandia. Juli 2020 penduduk Irlandia hanya sekitar 5 juta orang, namun heboh ketika UFC menayangkan tarung antara McGregor dari Irlandia melawan Khabib Nurmage Nurmagomedov yang benar menghebohkan itu. 

Negara Irlandia modern bila ditelusuri asal-usulnya berawal dari Pemberontakan Senin Paskah 1916 yang gagal yang memicu beberapa tahun perang gerilya yang mengakibatkan kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1921 untuk 26 wilayah  selatan; enam wilayah distrik  (Ulster) utara tetap menjadi bagian dari Inggris. Perpecahan sektarian yang mendalam pernah terjadi antara populasi Katolik dan Protestan dan diskriminasi sistemik di Irlandia Utara meletus menjadi tahun kekerasan yang dikenal sebagai "Masalah" yang dimulai pada 1960-an. 

Pemerintah Irlandia adalah bagian dari proses bersama dengan Pemerintah Inggris dan AS yang membantu menengahi Perjanjian Jumat Agung di Irlandia Utara pada tahun 1998. Ini memulai fase baru kerjasama antara Pemerintah Irlandia dan Inggris. Irlandia netral dalam Perang Dunia II dan melanjutkan kebijakan netralitas militernya. Irlandia bergabung dengan Komunitas Eropa pada tahun 1973 dan serikat mata uang zona euro pada tahun 1999. Tahun-tahun ledakan ekonomi Celtic Tiger (1995-2007) menyaksikan pertumbuhan ekonomi yang cepat, yang tiba-tiba berakhir pada tahun 2008 dengan kehancuran perbankan Irlandia sistem. Saat ini perekonomian sedang pulih, didorong oleh investasi asing langsung yang besar dan terus berkembang, terutama dari perusahaan multinasional AS.

***

Begitu sepintas mengenai Irlandia. Negara yang sempat dilanda konflik, ekonomi yang meroket di tahun 1995 -2007, resesi mendadak yang membuat kolaps sistem perbankan di tahun 2008, dan bangkit perlahan dengan bantuan investasi Eropa dan Amerika.

Saya sendiri datang ke sana dalam rangka pelatihan untuk trainer UNCTAD (United Nation on Trade and Development). Bersama dengan beberapa rekan dari Indonesia, Malaysia, Nigeria, Iran, dan Asia Afrika Eropa lainnya. ...... (bersambung)...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x