Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Menghadapi Psiko Tes

3 Oktober 2022   21:30 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:36 124 21 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: selasar.com

Dalam seleksi untuk mendapatkan pekerjaan sering dilakukan psiko tes. Banyak calon tenaga kerja yang takut menghadapi psiko tes ini. Padahal kalau tips nya maka psiko tes ini bisa dihapadi dengan baik seperti halnya tes-tes yang lain.

Berikut beberapa tips menghadaapi psiko tes

Pertama, syarat yang paling mendasar untuk menghadapi psiko tes adalah kondisi badan dan kesehatan yang betul-betul fit. Hindari begadang jika esok paginya akan menghadapi psiko tes. Jangan lupa untuk sarapan pagi jika akan berangkat tes.

Kedua, ada baiknya mempelajari soal-soal yang biasanya keluar. MEski psiko tes sifatnya unik tetapi tetap ada soal-soal yang standar atau sifatnya baku. Hal ini bisa dilakukan dengan menanyakan pada teman, kerabat, atau orang-orang yang pernah menjalani psiko tes. Banyak buku juga yang mengulas soal-soal psiko tes ini.

Ketiga,  pahami tujuan psiko tes yang akan kita kerjakan. Ada spiko tes yang ingin mengetahui kepandaian. Ada tes yang ingin mengetahui kepribadian kita. Ada psiko tes yang ingin mengetahui bakat. Ada juga psiko tes yang menggabungkan kesemuanya itu.

Keempat,  persiapkan alat-alat tulis selengkap mungkin. Sebab ada psiko tes yang harus dikerjakan dengan ballpoin, ada yang harus dikerjakan dengan pensil 2B, dan alat-alat lain. Termasuk pula kalkulator untuk soal hitung-htungan.  Siapkan pula kertas putih kosong untuk digunakan senadainya ada soal hitung-hitungan.

Kelima, pada saat tes gunakan waktu seefisien mungkin. Jika ada soal yang masih ragu-ragu jawabannya lompati dulu, kerjakan soal yang mudah atau sudah pasti jawabannya dulu.

Keenam, tetap percaya diri dan jangan ragu-ragu serta cemas dalam mengerjakan soal-soal. Keraguan dan kecemasan bisa menyebabkan kegagalan dalam menjawab soal-soal psiko tes.

Ketujuh, yang tak kalah penting adalah berdoa baik sebelum maupun sesudah mengerjakan. Peoatah mengatakan "Manusia berusaha, Tuhanlah yang menentukan".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan