Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Ibu Hamil yang Bekerja agar Tetap Sehat dan Produktif

28 September 2022   00:29 Diperbarui: 28 September 2022   00:32 143 36 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: zwitsal.co.id

Banyak ibu hamil yang sekarang ini memutuskan untuk  tetap bekerja. Ada yang memutuskan keluar dari pekerjaan ketika hamil. Namun tak jarang yang emrasa sayang keluar dari pekerjaan mengingat sekarang mencari pekerjaan sulit dan dengan tetap bekerja maka akan bisa membantu suami dan keuangan keluarga. 

Perusahaan dan tempat bekerja memang memberikan cuti. Tetapi hari cuti terbatas sehingga banyak ibu amil yang menyiasatinya dengan megambil cuti ketika sudah melahirkan supaya bisa mengurus anak dan memulihkan kesehatan setelah melahirkan.

Berikut beberapa tips agar ibu hamil bisa tetap bekerja dengan baik dana tetap sehat.

Pertama, konsumsilah makanan yang bergizi. Untuk ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi dan protein untuk mencegah kekuarangan darah (anemia) dan kelelahan. Biasa ibu hamil mudah lapar. oleh karena itu perlu disediakan camilan sehat di meja kerja.

Kedua, minumlah yang banyak. Berbagai studi menunjukkan kebutuhan minum ibu hami sekitar 2 sampai 3 liter per hari. Banyak minum air ini baik dilakukan ketika siang hari sebab jika dilakukan malam hari menjelang tidur maka akan banyak bangun untuk buang air kecil sehingga membuat istirahat ibu hami kurang sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Ketiga, carilah posisi tubuh yang nyaman saat bekerja. Lebih-lebih ibu hamil yang harus bekerja dengan lebih banyak dalam posisi duduk. Disarankan agar posisi duduk nyaman maka gunakanlah bantal untuk penyangga punggung supaya tidak pegal.

Keempat, sempatkanlah melakukan peregangan atau olahraga ringan di sela-sela bekerja. Kalau sempat pas hari libur atau pulang ekrja ikutlah kelas yoga untuk menambah kesehatan dan mempermudah ketika melahirkan nanti.

Kelima, kurangilah aktivitas di luar rumaah dan kantor. Untuk pekerjaan ke luar kantor mintalah tolong pada staf yang lain. Untuk keperluan berbelanja bisa memanfaatkan belanja online. Mengurangi pekerjaan di luar kantor dan luar rumah bisa mengurangi kelelahan yang dapat menganggu kesehatan ibu hamil.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan