Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Minum Obat Harus Tepat Segalanya

26 Mei 2022   22:55 Diperbarui: 26 Mei 2022   22:59 112 35 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: pasundan.jabarekspress.com

Semua orang tentu tak ingin jatuh sakit. Tetapi jika jatuh sakit maka mengkonsumsi obat adalah sebuah keharusan.

Namun mengkonsumsi obat haruslah tepat segalanya.

Pertama, harus tepat dosis sesuai resep dokter jika menggunakan obat yang harus memakai resep dokter atau sesuai petunjuk di kemasan obat jika menggunakan obat tanpa harus memakai resep dokter.

Seringkali banyak yang beanggapan bahwa supaya penyakitnya cepat sembuh maka mengkonsumsi obat melebihi dosis. Anggapan sepert inii salah karena mengkonsumsi obat melebihi dosis akan berbahaya. 

Bahayanya anatara lain bisa merusak organ tubuh atau bahkan jika overdosisnya berlebihan akan bisa menyebabkan kematian. 

Di lain sisi, ada yang mengurangi dosis obat karena menganggap dosis yang ringan adalah hal yang aman. Anggapan ini tidak benar juga sebab mengkonsumsi obat kurang dari dosisnya akan mengakibatkan obat bekerja kurang efektif.

Kedua, tepat waktu. Setiap obat ada aturan kapan waktu mengkonsumsinya. Misalnya: dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Contoh lain ada obat yang harus dikonsumsi pagi, siang atau malam hari.  

Ada pula obat yang harus dikonsumsi setiap berapa jam sekali. Jangan menyalahi aturan waktu mengkonsumsi obat karena akan membuat efektifitas bekerjanya obat berkurang.

Ketiga, tepat cara mengkonsumsinya. Ada obat yang cara mengkonsumsinya dengan diminum. Ada yang dikonsumsi dengan diteteskan. Ada pula yang dioleskan. Dan lain-lain cara. Jangan sekali-kali salah cara mengkonsumsi obat karena sangat berbahaya.

Keempat, tepat  jatah atau jumlah obat yang harus dikonsumsi. Mkasudnya jika dokter memberi resep suatu obat untuk satu minggu maka habiskanlah jatah konsumsi obat untuk satu minggu itu. 

Sebab jika kita berhenti dan tidak menghabiskan jatah obat tersebut maka efektifitas bekerjanya obat juga akan bekurang.  Kecuali kalau dokter mengatakan kalau sudah tidak sakit hentikan konsumsi obat yang bersangkutan maka kita boleh menghentikan konsumsi obat meski jatah obat belum habis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan