Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Awas! Obesitas Bisa Sebabkan Depresi dan Kanker Ini Penjelasan Dokter Rury

15 Agustus 2022   13:27 Diperbarui: 15 Agustus 2022   13:32 77 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokter Masrurotut Daroen RSI Banjarnegara Jawa Tengah Dok Pribadi


BANJARNEGARA - Dokter Masrurotut Daroen atau Dokter Rury dari RSI Banjarnegara, Jawa Tengah mencoba membeberkan masalah obesitas. Semoga artikel ini bermanfaat.

"Obesitas adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki lemak tubuh yang berlebihan yang dapat membahayakan kesehatan seseorang," kata Dokter Rury.

Menurutnya, ada beberapa kondisi yang mungkin berkembang akibat obesitas. Banyak individu yang menderita obesitas dan berdasarkan penelitian yang dilakukan, jumlah individu yang obesitas akan terus meningkat.

Ia menyarankan, agar masyarakat sadar apa yang menyebabkan obesitas dan melakukan sesuatu agar tak terjadi obesitas.

Penyebab obesitas diantaranya:

Pola makan dan pola makan yang buruk:

Manusia perlu makan untuk dapat berfungsi secara efektif dan menyediakan apa yang dibutuhkan tubuh mereka. Masalahnya adalah ketika individu makan terlalu banyak karbohidrat dan lemak.

"Tubuh Anda tidak menggunakan semuanya dan karena itu disimpan di dalam tubuh sebagai kelebihan lemak atau kalori. Karena lemak dan karbohidrat jelas merupakan penyebab utama masalah berat badan, orang yang suka mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak mungkin akan mengalami kelebihan berat badan," jelasnya.

Makanan yang perlu dihindari diantaranya steak, produk susu, pasta, kentang, nasi, roti putih, makanan manis dan minuman manis, terutama soda berkarbonasi.

Selain itu, ada pula gaya hidup tidak aktif, biasanya karena inovasi teknologi, banyak orang tidak perlu mengerahkan banyak upaya dalam pekerjaan mereka dan dalam banyak kasus di rumah. Teknologi telah membuat segalanya menjadi terlalu mudah.

"Saat Anda tidak banyak bergerak, tubuh Anda tidak membakar energi yang tersimpan di dalam tubuh. Akibatnya, energi yang tersimpan menjadi lemak yang dapat menyebabkan obesitas," katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan