Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Apakah Jus Wortel Bisa Sembuhkan Mata Rabun? Simak Penjelasan Dokter Ini

29 Juli 2022   10:01 Diperbarui: 29 Juli 2022   10:03 56 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

BANJARNEGARA - Sudah tahu mata rabun? Lalu, apakah bisa disembuhkan dengan jus wortel? Dokter Titik Kusumawinakhyu M Biomed Tim Litbang RSI Banjarnegara mencoba mengupas hal tersebut.

Dr Titik Menjelaskan, mata rabun atau kurang jelas sering dikeluhkan baik oleh anak, remaja, dewasa maupun lansia. Mata rabun ini merupakan masalah pada tajam penglihatan. Ada yang disebut sebagai rabun jauh atau myopia, ada juga rabun dekat yaitu yipermetropia.

"Penurunan fungsi mata ini sangat mengganggu terutama apabila berkaitan dengan kegiatan menulis, belajar atau mereka yang harus mengetik," katanya.

Menurut dokter alumnus Fakultas Kedokteran Unisulla ini, rabun jauh maupun rabun dekat adalah gangguan yang dapat menyebabkan kebutaan apabila tidak dikoreksi dan memberat.

"Gangguan penglihatan ini tercatat  menduduki urutan ke dua setelah katarak. Kondisi pada rabun jauh terjadi karena cahaya masuk jatuh di depan retina. Pasien akan merasakan buram ketika melihat jauh dan jelas melihat jarak dekat. Sebaliknya rabun dekat terjadi karena cahaya jatuh dan diterima di belakang retina," terangnya.

Kelainan mata tersebut biasanya ditandai dengan rasa pusing, mata berair, penglihatan tidak jelas.

Nah, beredar asumsi di masyarakat jika jus wortel dapat menyembuhkan semua kelainan pada mata terutama soal tajam penglihatan.

Perlu diketahui tajam penglihatan terjadi adanya kornea yang terlalu datar, kurang melengkung bahkan bisa jadi sangat melengkung.  

"Jus wortel tidak mampu merubah kelengkungan lensa, jadi koreksi yang tepat adalah perbaikan lensa dengan kacamata atau perbaikan lensa mata dengan tindakan operatif," paparnya.

Ia mengajak mengenal manfaat wortel. Kandungan gizi yang ada di wortel antara lain vitamin C sebanyak 20%, Vitamin A 7,1 mikrogram, Vitamin B, Fosfor 11%, Lemak 0,60 g, protein 1g, karbohidrat 7,9 g dan mengandung 36kkal energy. Wortel dapat hidup dengan baik di dataran tinggi, seperti di Kabupaten Banjarnegara tepatnya daerah Dieng.

Penelitian menyebutkan berbagai manfaat wortel sebagai  sayur yang dapat meningkatkan nilai gizi suatu produk pangan. Jus wortel pada penelitian dapat membantu penderita takanan darah tinggi mendapatkan hasil yang seimbang pada periode beberapa kali pengukuran setelah  secara rutin minum jus wortel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan