Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Wedang hingga Pancake Tempe: Mengolah Rasa, Karsa, dan Karya Cipta

9 Juni 2021   11:02 Diperbarui: 15 Juni 2021   21:36 206 36 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wedang hingga Pancake Tempe: Mengolah Rasa, Karsa, dan Karya Cipta
Pancake Tempe, mengolah rasa, karsa dan karya (dokpri)

Pembaca Kompasiana penyuka tempa goreng ataupun bacem? Bagaimana kalau pancake tempe dipadu wedang tempe? Memupuk dan mengolah rasa kecintaan akan tempe, mengolah karsa yang diikuti dengan karya cipta kekinian. Mari menyimak narasinya.

Mengolah rasa kecintaan akan tempe

Hari tempe diperingati setiap tanggal 6 Juni. Menggemakan kembali kiprah yang dirintis oleh Pusat Studi Tempe (PUSTEP) UKSW Salatiga 9 tahun yang lalu. Berkolaborasi dengan aneka pemangku kepentingan (Stakeholder) merajut sinergi.

Mengulik rasa dengan kegiatan yang fenomenal. Memiliki potensi viral dengan komunikasi kekinian. Diracik tajuk Mencetak Rekor Tempe Terpanjang dengan topangan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Tralala.... Tempe mengular sepanjang 2.162 meter tercatat sebagai rekor tempe terpanjang pada titi mangsa Minggu 8 Juli 2012. Masyarakat berduyun menyaksikannya di Stadion Tennis Indoor Kridanggo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Holopis kuntul baris.....  110 perajin tempe di Salatiga, berpadu dengan siswa SMA 1 Salatiga dan sebagian sivitas akademika UKSW merakit tempe. Tempe bungkus plastik dengan diameter 6 sentimeter yang dihasilkan mencapai 4 ton. Menyerap bahan baku 3 ton kedelai.

Tempe terpanjang dan tanpa putus terbungkus plastik rekor MURI 2012 (Foto: Edi Susanto, Kedaulatan Rakyat)
Tempe terpanjang dan tanpa putus terbungkus plastik rekor MURI 2012 (Foto: Edi Susanto, Kedaulatan Rakyat)
Rasa kebanggaan dan kecintaan akan tempe sudah digebah. Rasa tersebut diharapkan mendorong karsa kehendak pembuatan tempe secara higienis, dan mengolahnya secara variatif. PUSTEP memfasilitasinya melalui gelaran seminar dan lomba kreanova pengolahan dan penyajian tempe.

Sukacita kemeriahan tempe terpanjang dilanjutkan dengan penjualan bahkan pembagian gratis potongan tempe kepada masyarakat. Menyematkan karsa untuk menghargai dan melahirkan kreativitas dan inovasi (kreanona) menyajikan olahan tempe.

Selaku warga masyarakat Salatiga, kamipun menikmati potongan tempe tersebut yang dibawakan oleh Mas Tengah. Menyemat rasa potongan tempe terpanjang rekor MURI 2012.

Potongan tempe Rekor Muri 2012 (dokpri)
Potongan tempe Rekor Muri 2012 (dokpri)
Karya Cipta Olahan Tempe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x