Mohon tunggu...
novy khayra
novy khayra Mohon Tunggu... Aspire to inspire

Novy Khusnul Khotimah, S.I.Kom, M.A - Pegawai Negeri Sipil Jelata - Lulusan Master Universitas Gadjah Mada yang pakai beasiswa - Penulis Buku Pemula

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Terapkan 4 Gaya Hidup Sehat Ini, Daya Tahan Tubuh Akan Meningkat Pesat

4 Mei 2021   15:53 Diperbarui: 4 Mei 2021   16:05 495 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terapkan 4 Gaya Hidup Sehat Ini, Daya Tahan Tubuh Akan Meningkat Pesat
Gaya Hidup Sehat / Healthy Lifestye (sumber: iu.co.id)

Pada masa kebiasaan normal baru seperti ini, selain perlu menerapkan Prokes kita juga harus mampu menjaga kesehatan tubuh kita sendiri agar sebisa mungkin terhindar dari infeksi virus covid 19 yang sekarang berjalan memasuki gelombang kedua. Untuk bisa melewati waktu tersebut dan menaklukkannya maka kita perlu pertahanan ekstra dan lebih banyak berdoa pada Yang Kuasa. 

Lalu gaya hidup seperti apa yang bisa membuat daya tahan tubuh kita kuat dan meningkat dengan pesat? Berikut ini saya rekomendasikan buat Kompasianer dan pembaca Kompasiana:

Olahraga

Mens Sana in Corpore Sano adalah jargon populer untuk menunjukkan betapa pentingnya berolahraga. Makna dari kalimat ini yaitu didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa  yang kuat. Dengan kata lain ketika berolahraga kita tidak hanya mendapatkan tubuh yang bugar seperti yang kita harapkan melainkan juga jiwa dan  perasaan yang bahagia. Berolahraga papun jenisnya memiliki beberapa manfaat antara lain :

Dapat meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, serta stres. membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan. membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang. penambah energi bagi orang sehat, serta mereka yang menderita berbagai kondisi medis. mengurangi risiko penyakit kronis, dapat merangsang aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda penampilan penuaan kulit. meningkatkan fungsi otak dan melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir. membantu relaksasi dan kualitas tidur, dan membantu menghilangkan rasa sakit kronis. (Kompas, 2020)

Puasa

Puasa selama  Ramadhan sebisa mungkin tidak berhenti saat Lebaran Idul Fitri jika ingin mendapatkan khasiat yang optimal. Puasa dapat dilanjutkan dengan puasa sunah syawal selama 6 hari atau puasa intermiten yang dalam Islam sering diebut puasa senin-kamis. Apa keuntungan melaksanakan puasa ini? Selain berniat untuk mendapat pahala dari Allah, puasa senin-kamis nyatanya memberikan khasiat lain yang sayang dilewatkan.

Khasiat-khasiat tersebut antara lain:

Peremajaan sel kulit, Mengencangkan kulit, Mengeluarkan racun dalam tubuh, Memberikan istirahat untuk organ pencernaan, Menurunkan kadar lemak, Menenangkan jiwa dan perasaan, Mampu mengendalikan hawa nafsu, Lebih banyak beramal (manfaat, 2021)

Istirahat yang Cukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x