Mohon tunggu...
Novelin Silalahi
Novelin Silalahi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Mahasiswa Studi Pascasarjana, Analisis Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Transportasi Sederhana yang Selalu Dinanti

28 September 2022   03:04 Diperbarui: 28 September 2022   03:11 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kereta api merupakan transportasi darat yang banyak diminati oleh masyarakat karena banyaknya kelebihannya. Dia memiliki beberapa jenis kelas diantaranya kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Setiap hari di pagi hari ada banyak orang yang menanti kereta api di stasiun Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, mereka yang menunggu adalah mereka yang ingin memperjuangkan hidupnya.

Pada tahun 2018 saya menjadi pengguna kereta api. Membeli kartu kereta api berwarna hitam di stasiun Jakarta, walaupun dengan kartu flazz juga bisa. Saat itu saya memulai perjalanan kehidupan saya di kota besar Jakarta, Ibu Kota yang punya banyak kisah perjuangan. Dari mulai mengikuti interview pekerjaan, bertemu kawan, bahkan yang hanya ingin berkeliling kota dengan menggunakan kereta api.

Saat itu saya melihat ada banyak orang berdiri di pinggir stasiun setiap pagi, ada yang berpakaian rapih dengan tas dan kemejanya, ada yang berpakaian biasa, ada yang berpakaian sederhana dengan barang dagangannya. 

Bahkan banyak yang rela berdesakan di dalam kereta hanya demi dapat pergi ke tempatnya bekerja. Sore hari pun demikian mereka yang telah selesai bekerja bersiap untuk pulang ke rumah masing-masing, masih berjuang untuk dapat masuk ke dalam kereta.

Kereta api memiliki tarif yang murah di setiap tujuan destinasinya, selain itu kereta api saat ini sudah sangat bagus, kelas ekonomi saja sudah terdapat ac, kursi yang memadai, kebersihan yang bagus, bahkan lorongnya yang memiliki space yang cukup untuk orang bisa berdiri apabila tidak mendapatkan tempat duduk. 

Kereta api juga memiliki jadwal dan rute yang sudah masuk dalam sistem yang dapat diakses oleh banyak masyarakat. Jadi siapapun yang baru ingin mencoba menggunakan transportasi kereta api bisa dengan mudah mengerti dan mengaktualisasikannya. 

Kereta api juga memiliki petugas yang dapat kita tanya soal rute perjalanan. Di kereta api yang pernah saya jalani, di dalamnya tidak diperkenankan untuk makan dan berkomunikasi via telfon. Suatu kebijakan yang baik untuk menjaga kebersihan dan ketenangan selama perjalanan.

Di setiap moment perjalanan kereta api ada banyak pelajaran kehidupan yang dapat kita petik hikmahnya, seperti mengalah untuk orang tua atau ibu hamil yang lebih membutuhkan kursi, belajar menahan diri, belajar bersabar, dan menjaga kebersihan.

Saya pernah memberikan kursi kepada orang tua yang sudah berambut putih, pernah juga memberikan kursi kepada ibu yang sedang hamil, hal itu pun banyak dilakukan oleh orang-orang yang peduli akan sesamanya, namun banyak juga yang tidak memiliki rasa kepedulian hingga mengabaikannya.

Pengalaman baik itu saya jalani selama kurang lebih dua tahun, setelahnya hingga saat ini sudah lebih sering menggunakan transportasi lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun