Mohon tunggu...
Novelin Silalahi
Novelin Silalahi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Mahasiswa Studi Pascasarjana, Analisis Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Kota Besar dengan Banyak Ceritanya

14 Agustus 2021   01:41 Diperbarui: 14 Agustus 2021   02:00 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta, 14 Agustus 2021

Dalam satu kondisi di tengah Kota Jakarta, aku merenungi Kota Jakarta dengan segala isinya.

Baru kurang lebih  tiga tahun aku mengenal kota ini. Kota dengan penuh perjuangan, kota dengan banyak manusia unik di dalamnya, kota dengan banyak kejutan.

Banyak perjuangan di kota ini, berjuang untuk meraih mimpi, berjuang untuk kebahagiaan, berjuang untuk kesejahteraan, berjuang untuk kedamaian, berjuang untuk menghidupi penghidupan, berjuang untuk menikmati perjalanan hidup.

Manusia dengan berbagai keunikannya ada di dalam kota ini, manusia dengan daya juang, manusia berani, manusia cerdas, manusia kuat, manusia semangat, manusia terbuka, manusia dengan kekuasan, manusia dengan kemalangan, manusia dengan keterpurukan, manusia dengan keapaadaan yang ada pada dirinya, manusia dengan sejuta topeng, manusia kelana, manusia yang tak kenal lelah, manusia yang terus hidup tanpa kenal tidur seperti kota Jakarta yang tak pernah tidur, manusia yang memiliki kekuasaan, manusia yang tertindas, manusia yang terabaikan, manusia yang rela menjual segala yang ada pada dirinya untuk berjuang hidup, manusia yang berada pada zona nyamannya, manusia angkuh, manusia dengan kerendahan hatinya, manusia romantis, manusia kaku, manusia lucu, manusia yang lebih memilih diam, manusia cekatan, manusia pesakitan, manusia ceria, manusia terpuruk, manusia lainnya dalam kisahnya.

Ada yang bekerja dengan pemikirannya, ada yang bekerja dengan kekuatan fisiknya, ada yang bekerja dengan menjual tubuhnya, ada juga yang meminta minta di setiap tempat makan, ada yang bekerja dengan menjual ide kreativitasnya, ada juga yang memeras, juga menjual manusia dengan nilai jualnya masing-masing.

Jakarta tempat kumelihat banyak hal, di kota ini ada yang dengan mudah mendapatkan apa yang diinginkan, ada yang harus berjuang berkali-kali, berulang kali untuk mendapat apa yang diinginkannya.

Ada juga yang sudah berjuang namun tak mendapatkannya.

Jakarta mengajarkan kita untuk berjuang keras, Jakarta mengajarkan kita untuk tegas dan disiplin. Jakarta mengajarkan kita bahwa hidup tak selalu mulus, hidup tak selalu indah, hidup bukan hanya diisi orang baik, hidup untuk mengerti kerasnya perjuangan, hidup untuk menerima kekalahan dan kembali bangkit. Kota ini mengajarkanku untuk kembali tersenyum di kala kesedihan menghimpit. 

Kota ini mengajarkanku untuk membuka diri pada kisah dan cinta yang baru nantinya, namun kota ini juga mengajarkanku bahwa kasih tak selamanya tulus, bahwa cinta tak selamanya baik. Bahwa pertolongan tak selamanya benar, seakan kebaikan dan ketulusan tak ada artinya di kota ini. Namun kupercaya di sudut kota ini masih banyak orang baik yang menyimpan kasih dan tulusnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun