Mohon tunggu...
Novela Nurul
Novela Nurul Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

You were not born to please everyone.

Selanjutnya

Tutup

Music

Resensi Lagu BTS, "Blue & Grey": Menemukan Harapan dalam Kesuraman

14 Desember 2020   03:27 Diperbarui: 14 Desember 2020   04:05 3002
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah diam-diam mengumpulkan kata dalam kehampaan

good night

Ije saebyokjami deune good night

Aku terlelap saat fajar menjelang, selamat malam

Blue & Grey merupakan salah satu tracklist dari album baru BTS 'BE' yang dirilis pada 20 November 2020 lalu. Lagu ini, Blue & Grey, adalah lagu yang indah karena lirik dan melodinya.

Yang membuatnya lebih indah adalah distribusi garis yang seimbang, menonjolkan kemampuan vokal dan rap terbaik dari para anggota. Lagu ini adalah jenis lagu yang pelan dan tenang tetapi sangat kompleks, melodinya dan liriknya memiliki banyak perasaan di baliknya.

Lagu ini adalah tangisan perasaan yang dimainkan dengan penuh kekuatan emotifnya yang menyenandungkan. Lagu ini seperti berbicara secara gamblang kepada mereka yang sedang berjuang melawan depresi.

Pesan yang ingin disampaikan bukanlah menjadi suram atau depresi itu sendiri, melainkan tentang menemukan harapan dan kenyamanan, bahkan dalam kesuraman. Mengenali tantangan depresi adalah langkah ampuh untuk membantu menerobosnya, dan lagu ini membangkitkan semangat dengan sebuah pesan harapan.

Saat hal-hal yang menyenangkan bagi kita berubah menjadi beban dan hidup terasa tanpa tujuan. Pertanyaan-pertanyaan seperti, "Kemana saya harus pergi? Saya bahkan tidak dapat melihat ujung dari terowongan ini", "Apa yang menunggu saya di akhir? Penting untuk menjadi sukses, tetapi saya juga berusaha untuk menjadi bahagia, jadi kenapa saya tidak bahagia sekarang?", "Jangan tinggalkan saya sendiri, itu menyakitkan", yang ingin disampaikan oleh penulis lagu kepada pendengarnya.  Pesan-pesan emosional dari kata-kata pada liriknya terlalu bisa diterima oleh pendengarnya.

Lagu ini sudah ada di berbagai platform musik berbagai negara sehingga mudah untuk diakses. Untuk masalah kendala bahasa pun sekarang sudah banyak video ataupun artikel yang mengalihbahasakan, jadi tidak ada kendala dalam hal bahasa. Iringan suara gitar akustik yang ringan dan lembut membuat pendengar berada di puncak rasa emosionalnya. 

Lagu ini membawa pesan bahwa dibalik kesuraman atau depresi yang kita rasakan, kita dapat menemukan harapan dan kenyamanan. Dari berbagai komentar, baik dari kalangan kritikus musik hingga pendengar musik, menyampaikan bahwa lagu ini sangat menyentuh dan membangkitkan semangat dengan pesan harapan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun