Seorang mahasiswi Universitas Negeri Semarang (UNNES) dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, berhasil menciptakan sebuah media pembelajaran inovatif untuk anak kelas rendah SD Negeri 3 Gundih. Media pembelajaran tersebut berupa Interactive English Board yang dirancang khusus dengan materi bahasa Inggris sederhana yang mudah dipahami oleh anak-anak.
Interactive English Board ini memuat berbagai materi edukatif seperti mengenal anggota keluarga, buah dan sayur, mengelompokkan warna, nama-nama hewan, serta perhitungan angka sederhana dalam bahasa Inggris. Semua materi disajikan dengan gambar berwarna-warni yang lucu dan menarik sehingga anak-anak menjadi lebih tertarik dan tidak mudah bosan selama proses belajar.Cara penggunaan media ini sangat interaktif, yaitu dengan menempelkan berbagai elemen ke bagian-bagian yang telah disediakan pada papan. Metode ini tidak hanya membantu anak untuk mengenal bahasa Inggris, tetapi juga melatih kemampuan mereka dalam meneliti, mencocokkan gambar, dan meningkatkan keterampilan motorik halus.
Kreativitas mahasiswi UNNES ini mendapat sambutan positif dari guru dan siswa SD Negeri 3 Gundih. Mereka merasa Interactive English Board mempermudah proses belajar mengajar serta memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa kelas rendah.
Inovasi media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pengembangan metode pembelajaran lain yang lebih kreatif dan interaktif di sekolah dasar, khususnya dalam pengajaran bahasa Inggris yang kerap menjadi tantangan bagi anak usia dini. Â Dengan usaha nyata seperti ini, peran akademisi muda dalam dunia pendidikan semakin terlihat nyata dan memberikan kontribusi positif secara langsung di lapangan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI