Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
1. Situasi
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yang terjadi pada pembelajaran tatap muka setelah pandemi adalah:
- Pembelajaran jarak jauh menyebabkan pemahaman membaca naratif siswa menurun.
- Selama PJJ Pengawasan orangtua dan guru dalam pembelajaran lemah
- Pendampingan proses KBM pada saat PJJ siswa berkurang.
- Fleksibelnya waktu pembelajaran selama PJJ sehingga siswa lebih sering berselancar di dunia maya untuk bermain game ataupun bersosial media daripada belajar
- Tugas yang diberikan guru selama PJJ diselesaikan dengan google browsing tanpa membaca materi.
- Siswa kurang memahami teks bacaan akibat kurang penguasaan kosakata
- metode pembelajaran kurang menarik minat siswa memahami reading teks
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami permasalahan seperti saya, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain praktik ini penting untuk dibagikan
Peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini adalah peran saya sebagai guru yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai yang diharapkan
 2. Tantangan
Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan cara refleksi diri, wawancara guru, kepala sekolah dan siswa itu sendiri didapatkanlah akar permasalahanya adalah
- Pengawasan dan pendampingan Guru
- Siswa terbiasa menyelesaikan tugas dengan mencari jawaban di internet bukan dengan membaca materi
- Pembelajaran yang berlangsung diruang kelas belum bisa menarik minat siswa untuk kembali membaca materi untuk mendapatkan jawaban dari sebuah pertanyaan
Tantangan tersebut yang bisa diatasi oleh guru adalah yang berkaitan dengan pendampingan dan proses KBM yang menarik dengan menggunakan TPACK dan model  pembelajaran inovatif