Mohon tunggu...
Nova Kaira
Nova Kaira Mohon Tunggu... Akuntan - Suka Makan

Karyawan Swasta Yang Suka Browsing dan Nulis

Selanjutnya

Tutup

Money

Belajar Internet Marketing di Era Digital

18 September 2017   10:34 Diperbarui: 14 Juni 2019   16:55 1533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Digital marketing atau online marketing atau internet marketing adalah istilah pemasaran melalui internet yang semakin mulai sedikit demi sedikit menggeser bisnis konvesional, bahkan jual beli melalui media online semakin digandrungi oleh semua kalangan dari anak-anak, muda bahkan yang tua pun juga gila belanja melalui internet.

Bila kita sedikit melihat beberapa tahun silam masih banyak yang takut dengan jual beli melalui internet karena mereka masih kawatir karena banyaknya penipuan melalui jual beli online.  Namun setelah semakin berkembangnya teknologi jual beli melalui internet masyarakat mulai berbondong-bondong mengkuti gaya hidup untuk belanja melalui internet.

Nah sebagai penjual melalui internet ada 4 strategi pemasaran digital marketing yang wajib dilakukan untuk membuat para calon pembeli dan pelanggan kamu tetap percaya dan nyaman untuk belanja online di toko online atau onlineshop kamu.

1. Buat Website

Sebagai penjual online kamu wajib punya website untuk tujuan komersil menampilkan semua produk yang kamu jual dan company profile. Untuk membuat website sebenarnya tidaklah sulit karena sekarang banyak sekali para developer website yang menyediakan pembuatan website bagi UKM dan Onlineshop dengan budget pembuatan website yang murah mulai dari 400rb untuk company profile dan beberapa tampilan katalog produk sampai dengan website profesional dengan harga yang bisa disesuaikan dengan anggaran pembuatan website kamu.

2. Buat Akun Sosial Media

Selain website kamu wajib punya sosial media seperti Facebook, Instagram, Line, Youtube Whatsapp dan lainnya. Dengan memiliki sosial media kamu bisa langsung terhubung dengan calon pembeli dan pelanggan kamu melalui percakapan face to face, dengan tujuan mempermudah pelanggan kamu untuk bisa langsung bertanya seputar harga, spesifikasi dan biaya kirim juga hal lainnya yang bisa dilakukan antara pembeli dan penjual.

Tips:   Memiliki sosial media dengan jumlah Follower atau Like atau Subscribe yang banyak, juga akan menambah rasa percaya bagi siapa saja calon pelanggan kamu atau pembeli. Secara emosional semua pelanggan yang melihat jumlah follower yang banyak beranggapan kalau produk yang kamu jual banyak diminati orang dan terpercaya.

3. Jualan di Marketplace

Selain punya website, sosial media kamu juga wajib bergabung dengan market place.

Apa itu marketplace ?

Market place merupakan website yang menyediakan layanan gratis antara Penjual dan Pembeli dalam satu aplikasi webiste atau sejenisnya atau sebuah pasar elektronik (media online internet) yang melakukan kegiatan menjual dan membeli suatu barang ataupun jasa yang meliputi 3 aspek (b2b, b2c & c2c) dimana B2B (Bisnis to Bisnis) mendominasi sampai 75% di marketplace.

Beberapa Marketplace Terbesar di Indonesia

B2B (Business-to-Business)

Contohnya : Indotrading yaitu situs bisnis online atau direktori bisnis terbesar di Indonesia dengan ribuan perusahan baik distributor, supplier dan toko-toko yang menjual berbagai peralatan industri. Contoh beberapa peralatan industri dan perdagangan yang dijual di Indotrading seperti menjual Genset, Mesin Las, Mesin Bubut dan beberapa peralatan lainnya.

B2C (Business-To-Consumer) dan C2C (Consumer-To-Consumer)

Contohnya : Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Olx merupakan situs bisnis online terbesar di Indonesia yang fokus pada penjualan dan pembelian berbagai kebutuhan konsumen seperti fashion, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman serta produk-produk konsumtif yang bisa langsung digunakan konsumennya.

4. Tampilkan Kontak dan Alamat Toko / Rumah Kamu

Kontak dan alamat penjual merupakan salah satu hal terpenting jika kita menggunakan bisnis online seperti nu skin jogja, karena dengan semua kontak yang kita miliki akan meyakinkan pembeli untuk langsung menghubungi bahkan tak jarang ada yang langsung datang ke alamat toko dan rumah pembelinya.

5. Jadikan Calon Pembeli dan Pelangganmu sebagai Raja

Selalu terbuka dan fast respon dengan semua pelanggan melalui kontak yang kamu gunakan untuk komunikasi langsung dengan pelanggan merupakan cara yang paling ampuh agar semua produk yang kamu jual akan mudah terjual. Dengan prinsip membuat pelanggan menjadi raja merupakan modal utama kita sebagai penjual yang baik dengan semua pertanyaan dan permintaan pembeli.

Nah semua informasi diatas bisa mulai kamu lakukan jika ingin fokus pada pemasaran melalui digital marketing atau online marketing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun