Mohon tunggu...
Nova Dwi N
Nova Dwi N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga / 20107030128

Masih belajar nulis, terimakasih supportnya :)

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pesona Gunung Sindoro, Sembunyikan Keindahan dalam Jalur Menantang

30 Juni 2021   23:01 Diperbarui: 30 Juni 2021   23:05 428 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Gunung Sindoro, Sembunyikan Keindahan dalam Jalur Menantang
Gunung Sindoro

Jika kalian pernah atau akan berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya di daerah Wonosobo dan Temanggung, kalian pasti akan melihat dua gunung yang menjulang tinggi. Dua gunung itu adalah Gunung Sindoro dan Sumbing.

Gunung Sindoro terletak di antara Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Letak Gunung Sindoro bersebelahan dengan Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl, sehingga keduanya kerap sekali disebut Gunung Kembar atau Double S.

Gunung Sindoro adalah salah satu gunung populer yang berada di Jawa Tengah loh. Gunung Sindoro menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.153 mdpl. Karenanya, tak heran bila gunung ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan pendakian di jalur panjang dan penuh tantangan ini.

Jika kalian adalah orang yang suka dengan lautan awan dan sunrise. Maka gunung ini sangat cocok untuk kalian kunjungi. Tawaran keindahan di puncaknya juga akan puaskan siapa pun yang melihatnya.

Saat mencapai puncak Gunung Sindoro, kalian bisa menikmati deretan gunung yang megah dan indah. Kalian juga akan melihat dengan jelas pemandangan Gunung Sumbing di seberangnya dan tentu saja dataran Dieng yang ada di sekitarnya. Sebaliknya, jika kalian mendaki Gunung Sumbing, maka Gunung Sindoro lah yang akan menjadi panorama cantik di puncaknya.

Kumpulan awan di sekeliling Gunung Sumbing juga menjadi pesona khas yang selalu dijadikan objek foto para pengunjung. Dan apabila kalian ingin melanjutkan ke wisata alam yang lain, kalian hanya perlu berjalan beberapa menit ke wisata Dieng yang sangat dekat itu.

Bagi kalian yang berminat mendaki, ada satu hal yang harus kalian perhatikan, yaitu kalian harus mematuhi segala aturan yang ada. Biasanya aturan-aturan itu akan disampaikan oleh petugas basecamp saat mendaftar. Dan tentu saja jangan melupakan peralatan-peralatan khas pendaki ya.

Pesona Gunung Sindoro dengan Pemandangan Gunung Sumbing
Pesona Gunung Sindoro dengan Pemandangan Gunung Sumbing

Bunga Edelweiss

Dalam perjalanan pendakian kalian ke Gunung Sindoro, akan semakin menyenangkan karena kalian akan melewati sabana yang dipenuhi dengan bunga edelweiss. Meski begitu, padang edelweiss baru akan kalian temui setelah melalui Pos 3 Gunung Sindoro. Keberadaan bunga edelweiss juga menjadi tanda bahwa kalian sudah dekat dengan puncak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN