Mohon tunggu...
Nova Dwi N
Nova Dwi N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga / 20107030128

Masih belajar nulis, terimakasih supportnya :)

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Taman Sari, Kampung Wisata Edukasi di Yogyakarta

30 Juni 2021   04:48 Diperbarui: 30 Juni 2021   04:56 146 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Taman Sari, Kampung Wisata Edukasi di Yogyakarta
dokumen pribadi

Kalian pasti tak asing dengan kota ini. Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat wisata yang beragam. Salah satunya tempat wisata edukasi Taman Sari ini. 

Tempat ini memiliki banyak peninggalan sejarah masa lampau. Kalian bisa melihat banyak bangunan bersejarah yang memberikan banyak informasi mengenai kejadian di masa lampau, dan menjadi pembelajaran, bukan saja bagi para pencinta sejarah, namun juga masyarakat pada umumnya.

Taman Sari ini berlokasi di Jalan Kompleks Taman Sari, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Tempat ini hanya berjarak sekitar 1 km dari Keraton Yogyakarta.

Bagi kalian para pecinta tempat wisata yang instagramable, Taman Sari Yogyakarta ini bisa kalian kunjungi. Selain tempatnya yang unik dan memanjakan mata, Taman Sari juga menyimpan sejarah yang menarik untuk digali.

Meski bangunan saat ini sudah tak seindah dulu, pesona yang ditawarkan Taman Sari ini masih terpancarkan dengan sangat apik dan memesona dengan

Yang paling populer dikalangan masyarakat umum, Taman Sari ini memiliki Umbul Pasiraman atau Umbul Binangun, yang konon dulunya dijadikan kolam pemandian untuk sultan, permaisuri, selir, dan putri raja. Selain itu, salah satu bagian lain yang juga diminati wisatawan dari Taman Sari adalah Pulo Kenanga atau Pulo Cemeti. Dari tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan Kota Yogyakarta. Namun, melansir dari Guideku.com dan SuaraJogja.id, sejak 2009, dengan alasan keselamatan pengunjung, akses menuju bagian atas Pulo Cemeti ditutup.

dokumen pribadi
dokumen pribadi

Jika kalian tertarik berkunjung ke tempat ini, kalian bisa datang dari pukul 09.00 (sembilan pagi) sampai pukul 15.00 (pukul tiga sore). Untuk harga tiket kalian cukup membayar sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 12.000 untuk wisatawan asing.

Namun terkait hal lain melansir dari ayoyogya.com berikut beberapa rincian harga tiket masuk Taman Sari :

  • Izin foto atau video menggunakan kamera     : Rp 3.000 per orang
  • Foto prewedding wisatawan asing                 : Rp 500.000
  • Foto sesi wisatawan asing                               : Rp 300.000
  • Foto produk wisatawan asing                         : Rp 500.000
  • Foto prewedding wisatawan lokal                  : Rp 250.000
  • Foto sesi wisatawan lokal                               : Rp 150.000
  • Foto produk wisatawan lokal                         : Rp 500.000

Nah, jika kalian ingin mengetahui sejarah atau informasi lengkap dari tempat ini, kalian bisa menyewa pemandu wisata dengan tarif antara Rp 25.000 sampai dengan Rp 30.000 saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN