Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Pembelajar Sepanjang Masa

Pencari informasi, mempelajarinya, mencernanya, mengkajinya, mendiskusikannya, mengujinya, dan mengimplementasikan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Penyakit Tidak Menular (PTM) Begitu Dekat dengan Kita

8 Juli 2019   17:50 Diperbarui: 10 Juli 2019   10:04 199 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyakit Tidak Menular (PTM) Begitu Dekat dengan Kita
instagram.com/sutopopurwo

Penyakit Tidak Menular (PTM) Begitu Dekat Dengan Kita & Cancer Survivor : Bapak Sutopo Purwo Nugroho (Alm.), Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 


Kematian adalah rahasia Alloh SWT, yang menjadi misteri bagi tiap manusia, agar kita semua mempersiapkan diri, karena semua akan melewatinya. Penyebab kematian itu sendiri banyak ragamnya, salah satunya disebabkan oleh sakit atau penyakit yang didera atau diidapnya. Berdasarkan sumber literasi penulis penyakit dibedakan menjadi penyakit menular (yang bisa ditularkan) dan penyakit tidak menular. Artikel dengan judul Penyakit Tidak Menular Begitu Dekat Dengan Kita akan penulis coba angkat dalam uraian catatan blog kali ini dengan dikaitkan kasus terkini yakni meninggalnya salah satu pejabat negara yang cukup terkenal akibat kanker, dimana kanker bisa di kategorikan sebagai penyakit tidak menular (red: noto).

Innalillahi Wa Inna Illahi Raji'uun,... ikut berbelasungkawa yang mendalam atas wafatnya Bapak SUTOPO PURWO NUGROHO, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), tepatnya kemarin hari minggu, 07 Juli 2019 sekira pukul 02:00 waktu Guangzhou-Cina, atau pukul 01:00 WIB, selang 1 hari tulisan ini dibuat. Semoga almarhum diterima amal ibadahnya, dalam Iman Islam-nya, dimaafkan segala dosanya dan ditempatkan ditempat yang mulia di sisi Alloh SWT, aamiin. 

Seperti kita ketahui beliau sering muncul di media-media nasional baik TV, Radio, cetak, maupun media online lainnya, terkait tugas dan peran aktif beliau sebagai bagian dari Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB yang berhubungan dengan bencana dan penanggulanganya. Dikenal banyak orang sebagai pejabat yang sering muncul di publik, beliau juga diketahui seoraang Cancer Survivor. Beliau diketahui mengidap kanker paru yang sudah metastase (menyebar) ke beberapa organ lainnya. Sebagai seorang yang sedang berjuang melawan kanker yang diidapnya, diketahui beliau masih tetap aktif bekerja, dan sambil usaha diterapi hingga akhir hayatnya, salah satunya sedang berobat ke Ghuangzou-Cina, seperti dikutip dari Instagram pribadinya beliau @sutopopurwo , status posting IG 15 Juni 2019.

Apa itu Kanker? 

Penulis coba mencari rujukan informasi artikel terkait kesehatan, khususnya penyakit kanker, salah satunya dari websitenya Kemenkes RI , didapati informasi bahwa : 

"Penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular (PTM) yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Sel kanker bersifat ganas dan dapat menginvasi serta merusak sel-sel normal di sekitarnya sehingga merusak fungsi jaringan tersebut. Penyebaran (metastasis) sel kanker dapat melalui pembuluh darah maupun pembuluh getah bening. Sel penyakit kanker dapat berasal  dari semua unsur yang membentuk suatu organ, dalam perjalanan selanjutnya tumbuh dan menggandakan diri sehingga membentuk massa tumor. 

Kanker menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa. Banyak sekali jenis kanker yang menyerang manusia, namun ada beberapa jenis kanker sering menyerang pada jenis kelamin, atau umur tertentu. Contohnya: Kanker yang sering muncul pada pria, yaitu: kanker paru, kanker kolorektal, kanker prostat, kanker hati dan nasopharing. Lalu, jenis kanker yang sering dialami oleh wanita adalah kanker payudara, kanker leher rahim, kanker kolorektal, kanker ovarium, kanker paru. Sedangkan kanker yang sering terjadi pada anak-anak adalah kanker retinoblastoma dan kanker darah (leukimia)."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x