Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

20 Cara Efektif Perbaiki Tulisan Online

22 Mei 2021   18:23 Diperbarui: 22 Mei 2021   18:34 142 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
20 Cara Efektif Perbaiki Tulisan Online
"Photo flp.or.id"


                      

Awal bulan Mei 2021, saya mengikuti kelas menulis online melalui group telegram. Sebagai penggerak utama dan pemberi materi mempunyai nama dengan inisial (IAD), penulis terkenal di detik.com dan sudah banyak menerbitkan buku.

Melalui telegram belajar menulis online dengan metode masing-masing peserta penulis diberikan kesempatan untuk menulis. Tulisanya beraneka ragam sesuai dengan hobi seperti menulis tentang motivasi, esai atau opini, panduan, praktis dan lain sebagainya.

Setelah pemberian materi oleh (IAD), peserta kelas menulis online mengumpulkan tugas atau praktek menulis. Kemudian diberikan review atau feedback secara individu di group telegram, sehingga peserta menulis lebih semangat dan termotivasi untuk memperbaiki tulisanya yang diberikan feedback tersebut.

Salah satu yang membuat efektif adalah praktek menulis kemudian langsung dikoreksi oleh IAD. Selanjut saya sebagai peserta menulis online ingin berbagi dan sharing terkait hasil feedback atau review hasil dari praktek menulis IAD.

Berikut hasil praktek menulis yang direview, kemudian saya terjemahan dan analisa Kembali :

1.Kaidah Dan Teknis Membuat Judul :

Penulisan judul diawali dengan huruf kapital atau huruf besar. Judul bagian penting yang diperhatikan oleh pembaca, sebab sebelum orang membaca isi tulisan tentunya membaca atau melihat judul tulisan terlebih dahulu.

2. Penataan Kalimat Yang Efektif :

Kalimat yang efektif diuraikan berdasarkan dengan judul tulisan. Sedangkan penataan kalimat biar lebih efektif bisa membaca tulisan berkali-kali sebelum melanjutkan paragraf lainnya. Sehingga tiap kalimat yang ada di dalam paragraf makin menarik dan enak dibaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN