Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Silaturahmi Menjelang Bulan Suci Ramadan

11 April 2021   07:00 Diperbarui: 11 April 2021   07:13 411 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Silaturahmi Menjelang Bulan Suci Ramadan
Sumber: artikelnyafety.blogspot.com


       

Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS.

Sebentar lagi memasuki bulan suci ramadhan, seperti diketahui bersama bahwa umat muslim akan melaksanakan puasa yang diperkirakan tanggal 13 atau 14 April 2021 berdasarkan hitungan kalender tahun 2021. Namun, belum diumumkan secara resmi dari pemerintah yang biasanya diwakilkan oleh kementerian Agama.

Untuk mengetahui kepastian pelaksanaan bulan puasa, akan ditentukan atau mengelar sidang Isbad yang diselenggarakan oleh kementerian  Agama (Kemenag), untuk menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriyah sebagai awal puasa sekaligus menentukan jadwal puasa bulan Ramadhan tahun 2021.

Hari Sabtu dan Minggu pekan ini, kesempatan umat muslim melaksanakan Silahtuhrami antar sesama manusia terutama saudara, keluarga, kerabat dan lain sebagainya. Walaupun masih situasi pandemi Covid-19, bukan penghalang untuk bersilaturahmi dengan kegiatan saling memaafkan satu sama lain.

Penjelasan hukum Silahtuhrami menurut Islam "wajib dilaksanakan karena merupakan salah satu cara untuk memperlancar rezeki dan menjaga hubungan baik dengan manusia, seperti keluarga dan saudara lainnya". Rasulullah memerintahkan agar umat Islam menjaga dan menyambung kekerabatan khususnya bagi semua muslim.

Silahtuhrami ditengah pandemi virus Corona justru lebih mudah dengan menggunakan teknologi digital terutama keluarga dan kerabat yang jauh diluar kota. Maksudnya adalah memang situasi dan kondisi tidak memungkinkan karena jarak cukup jauh, sehingga silahtuhrami bisa melalui smartphone.

Apa yang anda harapkan dari silahtuhrami, tentunya menjadi tujuan kita semua dengan harapan bisa temu kangen sudah lama tidak berjumpa, bercerita sembari canda tawa, ingat dengan hal-hal yang lucu, satu perjuangan, masa lalu, sudah lama tidak terlihat, saling memaafkan karena mendekati bulan suci ramadhan.

Sebetulnya Silahtuhrami tidak hanya menjelang bulan puasa saja, namun bisa dilaksanakan dalam waktu tertentu, seperti sedang liburan sekolah, hari libur Sabtu, Minggu, dan tanggal merah, sedang cuti di tempat pekerjaan, atau memang diagendakan untuk bersilaturahmi terhadap orang-orang yang anda kenal sebelumnya.

Justru mendekati bulan suci ramadhan, silahtuhrami bisa melalui jarak jauh dengan menggunakan smartphone, bisa melalui telpon pribadi, mengirim pesan whatsApp pribadi, whatsapp group, messenger, instagram, facebook, telegram, dan lain sebagainya. Ini menjadi bagian silahtuhrami yang harus dibangun kondisi apapun, zaman nya melek teknologi harus mengikuti zaman online sesuai dengan peruntukannya.

Kepada siapa saja anda dan kita semua menjalinakan silahtuhrami walaupun secara garis besar, namun penting juga diuraikan secara rinci seperti kedua orang tua pasti utama, keluarga, sahabat sekolah, teman kerja, teman saat ketemu pelatihan, dan lainnya. Gambaran ini sebagi ilustrasi entah itu anda sebagai asli pribumi di kota tertentu atau sebagai perantau mencari kerja di kampung orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN