Mohon tunggu...
Nora aulyashalsabilah
Nora aulyashalsabilah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Literasi, Mahasiswa KKM-DR Uin Malang Adakan Kelas Literasi Bagi Siswa-Siswi SDN Gambiran 1 Kecamatan Prigen

29 Januari 2022   14:10 Diperbarui: 30 Januari 2022   14:37 99 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Setelah Kelas Literasi

Literasi merupakan kemampuan dan juga keterampilan dalam hal membaca, menulis, berbicara dan menerapkannya dalam aktivitas sehari hari. Literasi adalah hal yang sangat penting diterapkan untuk anak anak sejak dini karena dapat melatih seorang anak dalam berfikir, berbicara, dan menambah ilmu pengetahuan melalui membaca. Seiring dengan perkembangan zaman, literasi mulai berkembang dan terdapat bermacam jenis. Adapun diantaranya, literasi dasar yakni kemampuan membaca , menulis, dan literasi media yakni kemampuan untuk memahami media baik dalam memilih informasi yang disampaikan media. Apakah termasuk informasi yang benar atau salah.

Banyaknya manfaat yang didapatkan dari literasi, Mahasiswa Uin Malang yang sedang melaksanakan KKM DR mengadakan kelas Literasi bagi siswa-siswi di SDN Gambiran 1. Mahasiswa KKM DR Uin Malang ingin mengenalkan lebih luas kepada siswa-siswi SDN Gambiran 1 mengenai literasi agar mereka mengetahui bahwa seiring perkembangan zaman dan teknologi, literasi sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Mahasiswa KKM DR tidak mengajar literasi ke semua kelas, melainkan hanya beberapa kelas saja. Adapun kelas yang diambil untuk mengisi kelas literasi yaitu kelas 4 dan 5 saja. Kelas 4 terdiri dari kelas 4a dan 4b, serta kelas 5 yang terdiri dari kelas 5a dan 5b. Kelas literasi ini berada di dalam kelas yang cukup besar sehingga dapat diisi oleh seluruh siswa kelas 4 dan kelas 5.

Foto Saat Penjelasan Mengenai Literasi
Foto Saat Penjelasan Mengenai Literasi

Pada saat kelas literasi, mahasiswa KKM DR mengenalkan terlebih dahulu mengenai literasi. Apa sih itu literasi? Pentingkah literasi diterapkan sejak usia dini? dan bagaimana menerapkan literasi dikehidupan sehari-hari. Semua hal tersebut dijelaskan oleh mahasiswa KKM DR dengan semangat dan dengan Bahasa yang mudah dipahami oleh semua siswa-siswi yang hadir. Disela sela penjelasan juga diiringi dengan candaan dan beberapa pertanyaan yang diutarakan untuk siswa, sehingga selama kelas literasi suasana menjadi hidup karena terdapat interaksi timbal balik antara mahasiswa dengan siswa-siswi kelas 4 dan 5.

Menonton Film Pendek Animasi
Menonton Film Pendek Animasi

Selama kegiatan kelas literasi berlangsung, Seluruh siswa-siswi yang mengikuti kelas sangat antusias memperhatikan kakak-kakak mahasiswa menjelaskan didepan kelas. Kelas literasi berlangsung kurang lebih 2 jam, dari jam 7 sampai 9 pagi. Satu jam pertama mahasiswa KKM DR mengisi dengan penjelasan tentang pengetahuan literasi dan sedikit sharing serta memberikan pertanyaan dasar mengenai literasi, kemudian dilanjutkan istirahat selama 10 menit.

Setelah istirahat usai, dilanjutkan dengan menonton dua film pendek animasi. Disini tidak hanya serta merta menonton film melainkan siswa juga diharuskan dapat mengambil hikmah serta kesimpulan yang dapat diambil sesuai dengan film yang ditayangkan. Siswa diharuskan mempunyai satu kesimpulan dari setiap film dan ketika film usai akan ditunjuk satu persatu untuk membacakan kesimpulan didepan seluruh temannya. Hal ini ditujukan agar siswa dapat memahami isi atau pesan yang terkandung dalam film pendek tersebut dan berani menyampaikan pendapatnya didepan umum.

Salah Satu Siswi Menyampaikan Kesimpulan
Salah Satu Siswi Menyampaikan Kesimpulan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan