Mohon tunggu...
Nopriana Hidayah Widihandayani
Nopriana Hidayah Widihandayani Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah dan Kota - UNEJ 2019

NIM : 191910501016

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Indahnya Tersembunyi, Pantai Jogan

29 Oktober 2019   04:51 Diperbarui: 29 Oktober 2019   07:57 62 6 12 Mohon Tunggu...

Pariwista itu apa sih ?

Sebelumnya kita pasti sudah akrab dengan kata "pariwisata" atau tempat rekreasi. Semua orang membutuhkan refreshing untuk merileksasikan pikiran dan meringankan stres. Terutama orang-orang dengan kesibukan tingkat tinggi yang rentan mengalami stres.Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan berlibur atau berwisata. 

Pariwisata yakni perjalanan untuk berekreasi, berlibur, menghabiskan waktu Bersama keluarga, menambah ilmu, dan lain sebagainya. Orang-orang biasanya pada saat hari libur berbondong-bondong untuk pergi berlibur entah Bersama keluarga atau teman sejawat. Berekreasi dapat melpas penat dan meringankan gundah gelisah pikiran atas pekerjaan maupun tugas kuliah.

Pariwisata ternyata ikut serta berkontribusi dalam sumbangan perekonomian suatu wilayah. Pariwisata dalam suatu wilayah dapat menjadi potensi besar yang apabila digali secara mendalam akan mendapatkan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar wilayah tersebut dan bagi pengunjung yang datang. Pariwisata suatu daerah dapat menjadi pengucur dana bagi wilayah itu sendiri. Salah satu tempat rekreasi atau destinasi yang dipilih masyarakat untuk melepas penat yakni pantai. Pantai dianggap sebagai tempat yang cocok untuk melepas beban pikiran dikala padatnya waktu. Dengan memandangi ombak yang bersayup sayup, serta angin yang syahdu di tepi pantai lalu menikmati senja. Kali ini dalam tema ekonomi pariwisata, artikel ini akan membahas tentang wisata pantai jogan

Mengapa banyak orang tak tahu pantai jogan ? dimana itu?

Pantai jogan merupakan salah satu pantai yang terletak di dusun dawet, desa Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istemewa Yogyakarta. Pantai jogan ini merupakan tipe pantai tebing yang tinggi yang langsung menuju ke laut lepas. Namun sayangnya banyak orang yang tak mengetahui keberadaan pantai yang sangat indah dan asri ini. Pantai jogan ini merupakan salah satu pantai terindah di Gunung kidul yang masih sangat asri.

Mengapa banyak orang tak tau pantai jogan, di satu sisi pantai jogan memang tak seterkenal dan hits dibandingkan pantai-pantai lainnya di Gunung kidul seperti pantai parangtritis ataupun pantai Baron, karena pantai jogan masih sangat asri dan belum terjamah oleh siapapun. Selain itu lokasi pantai Jogan yang tersembunyi dan akses menuju pantai jogan yang jauh membuat keberadaan pantai ini sulit ditemukan. Untuk meunuju pantai jogan  sebenarnya cukup mudah dan aksesnya pun sudah bagus. Dengan adanya jalan aspal yang mulus untuk menuju pantai dengan tikungan tajamnya membuat durasi perjalanan terasa lebih lama. Namun sayangnya akses langsung menuju pantai ada satu jalan yang sangat rusak, hal itu dirasa menyulitkan wisatawan yang ingin berkunjung.

Pantai jogan tak kalah dengan pantai di Bali

Jika orang-orang berbondong-bondong menikmati pantai di Bali dengan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal, maka pantai joga salah satu alternative untuk berkreasi. Harga tiket masuk di pantai jogan sangatlah murah yakni sebesar 2000 rupiah. Untuk yang mengendarai sepeda motor maka membayar 2000 rupiah sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif 5000 rupiah untuk membayar parkir. Sangat murah bukan.

Di pantai jogan kita bisa menikmati deburan ombak dan rintihan air terjun yang jatuh serta tenangnya laut lepas. Ada beberapa spot untuk berfoto yang indah yang telah disediakan di pantai Jogan. Jika kebanyakan pantai penjualnya menjual ikan, seafood ataupun segala jenis makanan laut, berbeda dengan Pantai Jogan. Di Pantai Jogan tak dapat menemukan satupun penjual ikan ataupun makanan laut, disana hanya ada penjual dengan kedai untuk beristirahat menikmati makanan seperti mie instan dan air minum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x