Mohon tunggu...
Novi Dwi
Novi Dwi Mohon Tunggu... -

UNS 2000

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Bolu Gulung Batik

21 Agustus 2014   16:32 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:58 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BOLU GULUNG BATIK

Berawal dari hoby ibuku memasak dan membuat kue, maka akupun mempunyai hobi yang sama. bedanya aku tak suka memasak, hanya suka buat kue. Dulu ketika setiap kali ibuku membuat kue untuk pesanan pelanggan, aku selalu menemaninya.. entah untuk sedikit membantu, atau sekedar menunggunya. Dari sekedar melihat dan membantu sedikit, lama-lama akupun bisa dan suka dalam hal perbakeryan.

Sekarang aku sudah punya keluarga kecil, yang semuanya juga suka kue…so…akupun senang setiap kali kue yang aku buat habis dilahap suami tercinta dan 2 putri kecilku. Putri pertamaku paling suka kalo aku buat bolu gulung. Wah….baru saja keluar dari open,bisa langsung habis 3 potong. Katanya…”bolu gulung umi enaaakkkkk banget”. Duh senengnya aku..

Nah di postingan kali ini aku mau share resep bolu gulung yang jadi andalanku untuk keluargaku. Bahkan sekarang banyak teman-temanku yang sering pesen bolu ini untuk acara keluarga ataupun sekedar buah tangan ketika berkunjung kerumah teman atau kerabat. Resepnya aku dapatkan dari ibuku.

BOLU GULUNG

Bahan-bahan:

5 butir telur utuh

100 gram gula pasir

80 gram terigu

20 gram tepung maezena

150 gram blue band cair

1 sdt SP 28

1 sdm susu full cream

1sdm coklat pasta

Selai strawberry secukupnya

Cara membuat:

1.Panaskan oven selama 10 menit

2.Kocok telur,gula pasir, SP, susu full cream hingga agak mengembang.

3.Masukkan terigu, tepung maezena, kocok kembali hingga mengembang sempurna (seperti meninggalkan jejak jika diaduk)

4.Masukkan blue band cair ke dalam adonan dan aduk dengan cara aduk balik, bukan aduk setir

5.Siapkan Loyang ukuran 28cm x 28 cm yang sudah dialasi kertas roti

6.Tuang adonan ke dalam Loyang, beri motif dengan sedikit adonan yang dicampur coklat pasta.

7.Panggang dalam oven kurang lebih 15 menit.

8.Balik adonan dan olesi dengan selai strawberry

9.Gulung bolu selagi panas, agar tidak pecah

10.Simpan dalam almari es kurang lebih 1 jam

11.Potong2 dan siap dihidangkan


Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun