Mohon tunggu...
Hans Binoni
Hans Binoni Mohon Tunggu... Seputar Kelautan dan Perkapalan

Mengulas informasi kejadian - kejadian kemaritiman di seluruh dunia

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Inovasi Kapal Berbahan Bakar LNG

17 Februari 2021   19:00 Diperbarui: 17 Februari 2021   19:01 44 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inovasi Kapal Berbahan Bakar LNG
foto via NYK Line

Nippon Yusen Kaisha (NYK), Pemilik kapal terbesar kedua di Jepang telah memilih China Merchants Jinling Shipyard di Nanjing untuk memesan membangun empat kapal terbaru pengangkut mobil yang berbahan bakar LNG. Keempat kapal ini akan dikirim mulai tahun 2022 hingga 2023 dan rencananya akan ditugaskan untuk mengangkut kendaraan terutama ke / dari Eropa dan / atau ke Timur Tengah.

Di kapal ini, mesin utama X-DF2.0 ICER WinGD akan digunakan untuk pertama kalinya di dunia. Mesin ini mengkonsumsi lebih sedikit gas dan mengurangi GRK dengan mengurangi emisi metana dari gas buang sekitar 50%. 

ICER adalah singkatan dari Intelligent Control by Exhaust Recycling dan merupakan peningkatan teknologi pertama dari mesin X-DF2.0 WinGD. ICER memberikan kontrol pembakaran yang ditingkatkan melalui penggunaan gas inert. Selain itu, kapal akan dilengkapi dengan teknologi hybrid baterai, yang akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi fluktuasi beban mesin utama dan generator listrik melalui dukungan baterai. 

Penggunaan bahan bakar LNG, bersama dengan teknologi baru ini dan perkembangan lain seperti modifikasi lambung kapal, akan berkontribusi pada pengurangan emisi sulfur oksida (SOx) hingga 99% dibandingkan dengan kapal berbahan bakar minyak bahan bakar berat, klaim NYK. Demikian pula, emisi nitrogen oksida (NOx) akan dikurangi hingga 96%, dan emisi CO2 sekitar 40% atau lebih per unit transportasi. Kapal tersebut memiliki panjang 199,9 m dan mampu membawa 7.000 unit. Belum ada harga yang terungkap untuk inovasi terbaru tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x