Mohon tunggu...
Nofty Yoni
Nofty Yoni Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UMRI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjaga Ideologi Pancasila Bagi Penerus Bangsa

19 April 2021   23:12 Diperbarui: 19 April 2021   23:58 26 1 0 Mohon Tunggu...

Pada saat perkembangan zaman sekarang ini, masyarakat indonesia kurang terlalu memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, terutama dikalangan anak muda. Ini menjadi tantangan kita masyarakat indonesia untuk terus meningkatkan kesadaran kita terhadap nilai yang terkandung dalam pancasila

Tantangan kita sebagai muda mudi bangsa harus memperhatikan nilai pancasila, agar ideologi atau pun pemikiran dari luar indonesia bisa kita saring dan bisa meminimalisir hal hal yang bertolak belakang dengan nilai pancasila. Pemikiran dari luar indonesia kadang memiliki pengaruh buruk untuk muda mudi bangsa yang mudah terpengaruh dengan masuknya budaya asing.

Akibatnya buruk masuknya budaya asing adalah banyak generasi muda yang melupakan budaya sendiri karena menganggap bahwa budaya asing merupakan budaya yang lebih modern dibanding budaya bangsa sendiri. Hal ini berakibat nilai-nilai luhur bangsa banyak diabaikan hampir terjadi di sebagian besar generasi muda. Hal yang dapat dilakukan pemuda untuk menguatkan ideologi bangsa yaitu dengan menerapkan sila-sila yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, generasi muda juga sebagai pilar bangsa diharapkan memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme dengan tetap bertahan pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, meskipun banyak budaya asing masuk di negara Indonesia. Pemuda berperan sebagai pilar pondasi bangsa dan penggerak pembangunan nasional khususnya dalam memastikan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi yang cocok dan sesuai dengan kepribadian bangsa yang harus terus dilestarikan.

penulis : Nofty Yoni ( 200301028 )

VIDEO PILIHAN