Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... Guru - belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cara Asik Belajar Bahasa Asing Versi Saya

8 September 2021   03:39 Diperbarui: 8 September 2021   14:03 222 49 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Asik Belajar Bahasa Asing Versi Saya
Koleksi Kamus / Dok. Pri (Yunita Kristanti) 

Seorang dosen yang pernah mengajar saya ketika studi dulu, pernah berkata bahwa dengan belajar bahasa, kita bisa masuk ke dalam berbagai paradigma masyarakat yang bahasanya kita pelajari. Selanjutnya, bisa menyelami setiap pengalaman sosial dan budaya 'sang pemilik bahasa'. Bahasa merupakan jendela dan pintu masuk untuk ikut serta mengalami fenomena hidup dari daerah asal 'pemilik' bahasa tersebut. 

Bahasa yang dimaksud bisa bahasa Indonesia, bahasa daerah, juga bahasa asing lainnya. 


Saya termasuk individu yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan bahasa. Hasrat ingin tahu akan berbagai ragam bahasa kerap menari-nari. Hal itu yang membuat saya semakin tertarik untuk memelajari ragam bahasa, walau bukan dengan jalan menempuh pendidikan formal. Apalagi di jaman saat ini, ketika semua sangat mudah untuk diakses dari tempat dimana kita berada. Bukan hal yang sulit untuk mendapatkan materi-materi pengembangan keterampilan bahasa. Banyak situs, platform digital menyajikannya. 

Ada beberapa cara yang saya lakukan untuk terus mengembangkan keterampilan ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mendengarkan lagu

Satu cara asik dan fun untuk memelajari ragam bahasa adalah dengan mendengarkan lagu-lagunya. Mengenali tiap kosakata baru dari lagu yang kita dengarkan secara intens akan bisa memberikan wawasan baru setiap saat nya. 

Kita tentu akan dengan sigap mencari makna dan arti dari perbendaharaan kata baru yang kita dapatkan dari lagu-lagu yang kita dengarkan tersebut. Lakukan dengan konsisten dan catat setiap mendapatkan kosakata baru berikut artinya. 

2. Korespondensi

Cara yang satu ini saya lakukan dengan kawan-kawan yang saya kenal dan tinggal di negara atau daerah yang berbeda. Semisal dengan kawan saya yang tinggal di Singapura selama belasan tahun, kami sering berbicara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa mayoritas yang digunakannya. 

Gaya bahasa yang sering diucapkan kawan ini saya simak sambil beberapa kali menanyakan arti dan penulisan struktur bahasa. 

3. Belajar dari film

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan