Mohon tunggu...
Niswah Mufidah
Niswah Mufidah Mohon Tunggu... pelajar

Tidak ada yang mustahil ketika kita terus mencoba dan berusaha dan tak lupa selalu ikhtiar dan tawakkal kepada Allah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

8 Langkah Membantu Pemahaman Perasaan Anak

20 Oktober 2019   23:25 Diperbarui: 20 Oktober 2019   23:51 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mengungkapkan sebuah perasaan terhadap perilaku negatif anak tanpa menyinggung perasaan anak merupakan hal yang sangat langka bisa di lakukan orang tua. Jika pun orang tua mampu melakukannya tentu hal itu hanya segelintir saja. Dalam penjelasan Dr. Mustafa Abu Sa'ad mengatakan bahwa metode tentang "mengungkapkan perasaan terhadap anak" mampu menghindarkan seorang pendidik dari komentar yang bersifat "membunuh" dan tidak membangun, atau komentar yang bahkan membuat renggang sebuah hubungan antara orang tua dan anak, dan bukan malah mempererat keduanya. 

Contohnya saja ketika seorang anak tak sengaja membuat sebuah kesalahan kemudian tanpa sadar orang tua mengatakan "kamu ini gak pernah nurut" mungkin saja kalimat ini terlihat seperti biasa saja, tetapi mengomentari perbuatan anak dengan kalimat seperti itu justru akan semakin membuat anak selalu mendapatkan sinyal negatif, dan kemudian mampu memperburuk kepribadian seorang anak.

Tujuan dari adanya metode mengungkapkan sebuah perasaan dengan baik adalah agar orang tua bisa menyampaikan sebuah pesan utama yang baik untuk anak, tanpa sedikitpun menyinggung perasaan mereka. Dengan membuat rancangan untuk tetap meluruskan sikap anak ketika salah tanpa mengubah keyakinan anak. Jika hal ini dapat terlaksana dengan baik maka orang tua akan selalu mencintai anak serta perasaan orang tua terhadap anak tidak akan pernah berubah.

Oleh karenanya seorang pendidik yang sukses adalah pendidik yang mampu berbicara dengan baik ketika dia berada dalam kondisi yang sentimentil dan dalam situasi yang sulit. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu pemahaman perasaan anak :

1. Arahkanlah emosinya secara baik

Ketika melihat anak sedang stress serta terlihat sangat murung sekali dalam mendapati sebuah masalah, maka hal pertama yang harus dilakukan yakni menjauhkan segala perasaan negatif dalam diri anak kemudian mengganti nya dengan perasaan yang positif, seperti mengajaknya untuk tersenyum dan sebagainya. 

2. Nasihati ia secara bijak

Berusahalah untuk selalu menasihati dengan baik yakni tanpa berlebihan, yang mana nasihat yang diberikan mampu membantu anak untuk memahami perasaannya dengan lebih baik lagi. 

3. Bertanyalah secara terbuka

Berilah sebuah pertanyaan yang terkesan tidak mengurung anak dalam perasaan negatif, namun bisa membantu anak untuk menemukan perasaan positifnya, seperti pertanyaan yang diajukan mengandung perasaan yang positif dan mampu membangun rasa percaya diri pada anak. 

4. Sayangilah anak anda 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2