Mohon tunggu...
Nisrina Bannowati
Nisrina Bannowati Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah STP Trisakti 2020

progress, not perfection.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Sungai Maron, Amazon-nya Indonesia

24 Juli 2021   03:00 Diperbarui: 24 Juli 2021   03:28 45 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sungai Maron, Amazon-nya Indonesia
(sumber : wisataoke.com, jawapos.com)

Hai teman-teman, perkenalkan nama saya Nisrina Bannowati biasa dipanggil Nisrina. Saya adalah mahasiswi pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti jurusan Usaha Perjalanan Wisata dan merupakan salah satu penerima Beasiswa KIP Kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai indahnya Sungai Maron, yang sering disebut Sungai Amazon ala Indonesia.

Sungai Maron berada di Pacitan, Jawa Timur. Lokasi sungai berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Pacitan, kurang lebih 40 kilometer dari alun-alun Pacitan, waktu tempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Pacitan kota kecil di Jawa Timur yang berbatasan langsung antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Kota ini menawarkan pesona alam yang indah, wisata Pacitan identik panorama pantai dan goa. Tak heran kota ini disebut Kota 1001 Goa. Sungai Maron merupakan sungai hilir dari aliran air yang berasal dari Pantai Ngiroboyo. Dengan harga tiket masuk Rp 5.000, kamu dapat menikmati indahnya Sungai Maron.

Keindahan Sungai Maron tak perlu diragukan, menyusuri sungai Maron terdapat deretan pohon kelapa rindang. Air sungai berwarna hijau yang disebabkan defleksi cahaya dari warna pepohonan rindang disekitar. Karena pesonanya, sungai ini memiliki julukan Green Caynon Pacitan. Suasana sekitar yang hijau menyejukkan sungai Maron juga disebut sungai Amazon Pacitan, sebab ketika menikmati sungai Maron akan merasakan jiwa petualang saat menyusuri sungai. 

Menikmati panorama alam sungai Maron di Pacitan tidaklah lengkap, jika hanya menyusuri tepian sungai. Maka sebaiknya menyusuri secara langsung sungai Maron, kamu bisa menikmati keindahan menggunakan perahu yang disewa warga desa. Harga sewa perahu kisaran Rp. 100.000 hingga Rp 150.000, dalam satu perahu bisa menampung 6-7 orang. Harga sewa sudah termasuk sewa pengemudi kapal sekaligus menjadi pemandu wisata. Tak hanya menyewakan perahu saja, warga setempat menyediakan berbagai fasilitas sungai Maron seperti warung makan, toilet umum, dan parkir. 

Sungai Maron  memiliki panjang 4,5 kilometer, durasi perjalanan menggunakan perahu kurang lebih 45 menit sampai satu jam. Kedalaman sungai Maron kurang lebih 20 meter. Setiap tahun di sungai ini selalu diadakan lomba dayung perahu sepanjang 300 meter yang diikuti oleh berbagai kalangan peserta dari berbagai daerah. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN